Jemaah Calhaj Kepahiang Tiba di Madinah

Jemaah haji asal Kabupaten Kepahiang, kemarin (3/10) telah tiba di Madinah sekitar pukul 06.00 waktu setempat. ‘’Kami tiba di Jeddah sekitar pukul 11.15 waktu Arab Saudi (2/10). Setalah pengurusan di bandara baik pasport maupun bagasi selesai, seluruh jemaah haji langsung diberangkatkan ke Madinah melalui jalan darat menggunakan bus. Perjalanan Jeddah-Madinah memakan waktu sekitar 5 jam. Setalah melalui perjalanan sepanjang dini hari hingga pagi, sekitar pukul 6 waktu setempat, kami tiba di Madinah,’’ ujar Kabag Kesra Setkab Kepahiang, Drs. Saukani, kepada BE, kemarin.

Di Madinah, rombongan langsung masuk ke hotel yang telah disediakan panitia haji. Jemaah Kepahiang menginap di Hotel Barokah Andalus yang letaknya tidak jauh dari Masjid Nabawi. ‘’Setiba di hotel, kamar sudah siap. Alhamdulillah semua jemaah sehat. Seluruh jemaah langsung membersihkan diri dan istirahat. Tidak lama, jemaah sarapan pagi,’’ ungkapnya.

Disampaikannya, semua perjalanan berjalan lancar. Namun memang ada diantara jemaah yang perlu pelayanan khusus dan mendapat perhatian lebih dari pembimbing. ‘’Ada lima orang yang kami perhatikan secara khusus. Hal ini karena mereka sudah tua dan agak pikun, sehingga terpaksa harus dikawal dan dituntun. Kami bersyukur jemaah yang masih muda-muda bersedia membantu, sehingga mendukung TPHD dalam memberikan perhatian kepada mereka. Yang jelas, jemaah Kepahiang sangat kompak dan saling mendukung,’’ tuturnya.

Sekitar jam 7 sampai jam 10, seluruh jemaah beristirahat di hotel. Menjelang Zuhur, semua jemaah sudah berada di Masjid Nabawi untuk memulai arbain pertama. ‘’Mohon doa dari masyarakat Kepahiang dan Bengkulu pada umumnya, agar ibadah haji yang kami jalankan bisa berlangsung dengan lancar,’’ ungkapnya.(**)