Jemaah Berangkat 6 Juli

Foto : Kasi PHU Kemenag Bengkulu tengah, Dr Rusman Saleh MPd

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress – Jika tak ada aral melintang, keberangkatan calon jemaah haji (CJH) tahun 2019 akan dimulai sejak tanggal 6 Juli 2019 mendatang. Hal ini sesuai dengan rencana pemberangkatan haji (RHP) yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat beberapa waktu lalu. “Sesuai dengan RHP, pemberangkatan CJH dimulai tanggal 6 Juli,” kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bengkulu tengah, H Sipuan SAg MM melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Dr Rusman Saleh MPd. Meski begitu, jadwal pasti untuk keberangkatan CJH asal Kabupaten Bengkulu tengah belum diketahui secara pasti dan masih menunggu petunjuk pusat.

“Yang jelas, CJH akan berangkat pada awal Juli 2019. Nantinya, Kemenag RI akan mengeluarkan jadwal rinci pemberangkatan CJH dan disesuaikan dengan pembagian kelompok terbang (kloter) dan embarkasi,” imbuhnya.

Sembari menunggu jadwal, Rusman mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan perbagai persiapan. Mulai dari tes kesehatan, perekaman biometrik serta pembuatan paspor dan visa. “Nantinya, seluruh CJH juga akan menjalani tes kebugaran, vaksinasi, serta pembagian suvenir yang akan dilakukan sekitar 1 bulan jelang keberangkatan,” paparnya.



Selain itu, pihaknya juga akan memberikan pemahaman kepada 92 orang CJH mengenai teknis-teknis pelaksanaan ibadah haji selama di tanah suci Mekah. Salah satunya adalah menggelar manasik haji, baik itu yang dilakukan oleh Kantor Kemenag Bengkulu tengah ataupun di masing-masing kantor urusan agama (KUA). “Kantor Kemenag Bengkulu tengah akan menggelar manasik resmi sebanyak 2 kali dan ditingkat KUA sebanyak 8 kali. Di sisi lain, CJH juga dipersilahkan untuk mengikuti manasik secara mandiri,” pungkasnya.(135)