Jelang Pilkada, KPU Siapkan Data

Ketua KPU Mukomuko, Irsyad mengambil kotak suara untuk pengambilan form 7.

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Meskipun tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) dan wakil tahun 2020 belum dimulai. Namun jajaran KPU Mukomuko mulai menyiapkan berbagai persiapan, khususnya data-data. Kemarin (13/8), KPU yang diawasi Bawaslu,TNI-Polri melakukan pembukaan kotak suara di gudang logistik. Tujuannya, untuk mengambil form C7 DPT dan DPK.

“Form C7 kita ambil dari seluruh kotak suara dari 15 kecamatan,” ungkap Ketua KPU Mukomuko, Irsyad Kamaruddin.

Menurutnya, data-data tersebut nantinya akan disandingkan. Contohnya, pemilih DPK ketika Pilpres dan Pileg lalu sudah masuk dalam DPT. Karena tidak mendapatkan surat pemberitahuan ketika memberikan hak suaranya hanya menggunakan KTP dan dicatat sebagai pemilih DPK.

“Ini diantaranya DPT dan DPK akan kita sandingkan dan selanjutnya dimasukan dalam data Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih). Kami prediksikan DPK ketika Pilpres dan Pileg lalu mencapai 3 ribu lebih,”katanya.

Persiapan yang dilakukan tersebut, kata Irsyad, dengan harapan ketika sudah masuk tahapan Pilkada. Maka data-data khususnya terkait calon pemilih telah terdata dengan baik. Dan tidak menutup kemungkinan jumlah calon pemilih ketika Pileg dan Pilpres lalu bisa berkurang maupun bertambah. ”Ini nantinya akan kita ketahui, apakah jumlah pemilih pada Pilkada mendatang bertambah atau berkurang. Yang jelasnya, kita siapkan dulu data-datanya,” demikian Irsyad.(900)