Jelang Mudik, Polres Pantau Bus

ASRI/Bengkulu Ekspress CEK: Anggota Satlantas polres Bengkulu Selatan saat mengecek kendaraan umum yang akan digunakan untuk mengangkut warga yang akan mudik, Rabu (22/5).

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress– Untuk memastikan kondisi kendaraan umum atau bus yang akan digunakan warga Bengkulu Selatan (BS) saat mudik nanti, satlantas Polres Bengkulu Selatan menyambangi semua PO kendaraan. “ Kami ingin mengecek kondisi kendaraan dan sopirnya apakah layak jalan,” kata Kapolres Bengkulu Selatan, AKBP Rudy Purnomo SIK MH melalui kasat Lantas, AKP Kusman Jaya MH saat memantau kondisi bus di PO Lubuk Tapi Ekspress (lubek) di Kota Manna, Rabu (22/5).

Kusman mengaku dalam pengecekan  tersebut, pihaknya juga melibatkan dinas perhubungan dan juga petugas rumah sakit. Dirinya mengatakan, pihaknya mengecek kondisi mobil mulai dari bodi, ban dan juga rem. Tidak hanya itu, sopirnya juga dicek kesehatannnya serta harus bebas dari pengaruh alkohol atau minuman terlarang. Selain itu juga, surat kendaraan, SIM, trayek, buku KIR dan kelayakan armada.

“ Hasil pantauan kami, ada sebagian kendaraan yang bannya sudah menipis dan sudah kami sarankan untuk segera diganti, untuk kondisi armada secara umum, semuanya layak jalan,” ujarnya.

Kusman menambahkan, PO kendaraan yang disambangi kemarin yakni PO Lubek, Sinar Sekundanng dan juga PO Sriwijaya. Dalam kesempatan itu, dirinya juga berpesan pada sopir agar tidak bedagang, sehingga berakibat ngantuk saat membawa kendaraan. Selain itu, dirinya berpesan agar selalu berhati-hati saat membawa kendaraan, serta tidak mengebut di jalan raya. Sebab tugas utama sopir yakni menyelamatkan nyawa penumpang. “ Kalau ngatuk, sopir harus menghentikan laju kendaraan, jangan dipaksakan, selain itu harus selalu waspada di jalan raya, biar lambat asal selamat sampai ke tujuan,” terang Kusman. (369)