Jelang Lebaran, Suban Berbenah

Ary, Suban Air Panas (1)
ARY/Bengkulu Ekspress
Kawasan wisata Suban Air Panas yang dipercantik oleh pengelola untuk menyambut wisatawan saat libur lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah tahun 2018 ini.

CURUP, Bengkulu Ekspress– Dalam menghadapi libur lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah tahun 2018, pengelola Objek Wisata Alam Pemandian Suban Air Panas yang ada di Kecamatan Curup Timur Kabupaten Rejang Lebong mulai melakukan sejumlah pembenahan. Menurut Gunawan, salah satu pengelola objek wisata favorit di Kabupaten Rejang Lebong tersebut, salah satu pembenahan yang mereka lakukan yaitu dengan melakukan pengecatan sejumlah fasilitas yang ada di kawasan pemandian Suban Air Panas.



“Saat ini kita telah melakukan pengecetan sarana dan prasarana yang ada di Suban ini, mulai dari kamar mandi, pos pantau, musala, gazebo dan lainnya termasuk jembatan kita cat ulang,” sampai Gunawan saat ditemui Senin (11/6) kemarin.

Dijelaskan Gunawan, pembenahan yang dilakukan pengelola suban tak lain untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi para pengunjung saat libur lebaran nanti. Karena sudah dipastikan akan ada ribuan masyarakat dari berbagai daerah baik dari dalam maupun luar Provinsi Bengkulu akan berkunjung ke objek wisata pemandian air panas tersebut.

Untuk fasilitas yang ada di kawasan objek wisata alam Pemandian Suban Air Panas sendiri, menurut Gunawan masih sangat bagus, sehingga pihaknya hanya melakukan rehab ringan saja yaitu dengan melakukan pengecatan ulang saja.

“Dengan adanya pembenahan yang kita lakukan, kita berharap para pengunjung nanti bisa nyaman dan aman berada di objek wisata yang kita kelola ini,” sampai Gunawan.

Meskipun kawasan tersebut dikenal dengan nama Suban Air Panas, namun para wisatawan tak hanya bisa mandi air panas saja, namun juga bisa berenang dikolam air dingin, karena dilokasi objek wisata tersebut pengelola juga menyediakan kolam air panas dan air dingin, serta ada beberapa pancuran alami yang mengeluarkan air panas dari perut bumi.

Selain itu di kawasan Pemandian Suban Air Panas ini juga terdapat air terjun yang pengunjung bisa mandi dibawahnya maupun mengunjungi situs batu menangis yang ada di kompleks objek wisata Suban Air Panas. “Untuk tiket masuk, tidak akan mengalami kenaikan atau masih sama dengan hari-hari biasa yaitu Rp 5 ribu untuk anak-anak dan Rp 10 ribu untuk dewasa,” paparnya.

Untuk jumlah pengunjung sendiri, menurut Gunawan diprediksi akan mulai meningkat pada H+2 lebaran dan puncaknya akan mulai pada H+3 lebaran, dimana menurutnya saat itu pengunjung akan membeludak memasuki kawasan objek wisata tersebut.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman, selama libur lebaran nanti petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong dan sejumlah intansi lainnya akan melakukan siaga di kawasan Objek Wisata Suban Air Panas untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. (251)