Jelang Lebaran, Harga Tbs Turun

1. Budi/Bengkulu EkspressHarga tbs yang dijual petani ke pabrik dibeli dengan harga makin murah.

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress– Seluruh perusahaan yang membeli tandan buah segar (tbs) kelapa sawit petani di Kabupaten Mukomuko, seperti kompak menurunkan harga khususnya menjelang libur lebaran Idul fitri, 2019. Diketahui mayoritas pabrik rata-rata sudah mulai tutup pada 2 Juni 2019.

“Harga beli tbs ditingkat pabrik turun cukup signifikan. Terjadi sejak beberapa hari terakhir dan seluruh pabrik memberlakukan hal tersebut,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Heri Prastyono melalui Kabid Perkebunan Erri Siagian.

PT Sapta membeli tbs petani dengan harga Rp 720 per kilogram, PT KSM Rp 860 per kilogram,PT MMIL Rp 970 per kilogram, PT AMK Rp 950 per kilogram,PT S3 Rp 940 per kilogram, PT SAP Rp 930 per kilogram, PT KAS Rp 950 per kilogram, PT DDP Rp 1.000 per kilogram, PT USM Rp 920 per kilogram, PT BMK Rp 1.030 per kilogram dan PT GSS sebesar Rp 1.070 per kilogram.



Turunnya harga tbs dibeli pabrik, kata Eri, salah satunya disebabkan terjadinya penumpukan buah di pabrik sehingga pabrik kewalahan untuk menampung. Sedangkan, produksi setiap harinya cukup terbatas.Sedangkan petani rata-rata berlomba-lomba melakukan panen dan menjual sebanyak-banyaknya ke pabrik.

“Penumpukan buah sawit hingga mengakibatkan harga pembelian turun dan pabrik mengkhawatirkan juga akan terjadi penumpukan di dalam pabrik yang tidak dapat diolah seluruhnya dikarenakan karyawan akan libur lebaran. Ini juga diakui oleh pihak perusahaan di daerah ini,” ungkapnya. (900)