Jelang Idul Adha, Harga Cabai Naik

Cabai 1
IST/BE
Harga cabai di Kota Bengkulu mulai berangsur naik, Selasa (14/8).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Menjelang Hari Raya Idul Adha yang diprediksi jatuh pada 22 Agustus ini, harga cabai di Kota Bengkulu mulai naik. Bahkan kenaikan harga cabai ini sudah terjadi sejak dua pekan terakhir.

“Harga cabai saat ini tengah naik, sebelumnya harga cabai merah sempat Rp 25 ribu/kg, saat ini Rp 43 ribu/kg,” kata Amran, pedagang cabai di Pasar Tradisional Modern (PTM) Kota Bengkulu, kemarin (13/8).

Dijelaskan Amran, kenaikan harga cabai ini disebabkan oleh sedikitnya persediaan dari para petani, mengingat banyak tanaman cabai mulai kekurangan air akibat kemarau. Ditambah lagi beberapa petani cabai disinyalir mengalami gagal panen.
“Harganya mahal karena pasokan sedikit dan petani gagal panen,” terang Amran.
Selain itu, beberapa pedagang mengaku, harga jual menyesuaikan dari harga beli mereka dari tengkulak. Semakin tinggi selisih yang diterima pedagang, maka semakin mahal harga cabai di pasar.

“Barangnya sulit, kita beli juga mahal. Untuk menjual juga kita sesuaikan,” jelas Muktar, pedagang cabai di Pasar Panorama.

Dijelaskan Muktar, harga beli cabai di tengkulak telah mencapai Rp 25 ribu/kg. Sehingga jika menjual dengan selisih yang sedikit, maka pedagang akan mengalami kerugian. Mengingat, komoditas cabai tidak mampu bertahan lama karena mudah busuk.
“Kalau kami jual murah, kami juga yang akan rugi, apalagi cabai segar tidak bisa sampai seminggu,” tukasnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bengkulu, Dewi Dharma MSi menyatakan, kenaikan harga barang serta komoditas dipicu pasokan barang yang cenderung berkurang. Bahkan, pihaknya menilai harga komoditas seperti cabai selalu berfluktuatif.
“Harganya memang berfluktuatif, hal ini disebabkan banyak faktor juga,” kata Dewi.

Beberapa faktor yang menyebabkan naiknya harga cabai disebabkan pasokan ke pedagang berkurang. Selain itu, permintaan akan komoditi tersebut cenderung naik. Hal inilah yang menyebabkan harga cabai selalu naik ditambah lagi mendekati hari raya idul adha sehingga kebutuhan cabai juga meningkat.
“Kalau naik wajar, tetapi kami akan mengawasi harganya agar selalu stabil,” tutup Dewi.(999)