JCH Bengkulu Tengah Meninggal

DUKA - Suasana duka meninggalnya salah satu jemaah haji asal Kabupaten Benteng, Basirun (51) di Makkah, Arab Saudi
IST/Bengkulu Ekspress
DUKA : Suasana duka meninggalnya salah satu jamaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Benteng, Basirun (51) di Makkah, Arab Saudi, Selasa (21/8)

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress- Kabar duka datang dari rombongan jamaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) di Makkah, Arab Saudi. Salah seorang JCH, yakni Basirun bin Sama’in (51), warga Desa Kembang Seri, Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Benteng meningal dunia, sekitar pukul 14.05 WAS, Selasa (21/8).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Benteng, H Sipuan SAgMM, melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Dr Rusman Saleh MPd ketika dihubungi membenarkan adanya kabar duka ini. Dikatakan Rusman, almarhum Basirun meghembuskan nafas terakhir saat sedang berada di tenda Mina.

“Almarhum didiagnosa menderita penyakit gula darah (diabetes melitus,” kata Rusman.

Diketahui, JCH yang tergabung dalam kelompok terbang (klother) 9 ini telah selesai melaksanakan ibadah wukuf dengan sempurna.
“Tak ada petanda apapun, bahkan saat beribadah almarhuma masih mampu berjalan sendiri,” tambahnya.

Sesuai dengan aturan, kata Rusman, JCH yang tutup usia setelah menunaikan ibadah haji puncak akan langsung dimakamkan di Makkah, Arab Saudi. “Insya Allah, almarhummah Syahid dan telah selesai wajib haji,” tandasnya.

Sementara itu, Rusman mengatakan, bahwa saat ini hanya tinggal 90 dari total 91 orang JCH asal Kabupaten Benteng yang berangkat ke tanah Suci Makkah pada tahun 2019. Semuanya dalam keadaan sehat dan hanya mengalami flu ringan jelang kepulangan ke tanah air tercinta.



“Jika tak ada aral melintang, rombongan JCH asal Kabupaten Benteng akan pulang pada tanggal 6 September 2018,” tandas Rusman.(135)