JCH Bengkulu Selatan Tak Dapat Uang Saku

ASRI/Bengkulu Ekspress SERAHKAN: Bupati  Bengkulu Selatan menyerahkan bendera JCH sebagai tanda JCH Bengkulu Selatan resmi dilepas untuk berangkat ke tanah suci, Rabu (10/7) di pendopo rumah dinas Bupati Bengkulu Selatan.

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress– Jika sebelumnya setiap tahun, jamaah calon haji (JCH) asal Bengkulu Selatan (BS) selalu mendapat uang saku dari Pemda Bengkulu Selatan. Pemberian uang saku tersebut biasanya pada saat acara pelepasan oleh Bupati Bengkulu Selatan di pendopo rumah dinas Bupati Bengkulu Selatan. Hanya saja tahun ini berbeda, 152 JCH BS tidak mendapatkan uang tersebut.

“Ada sedikit pertanyaan dari kami, kenapa tahun ini JCH tidak dapat uang dari Pemda, padahal tahun-tahun sebelumnya selalu dapat,” kata perwakilan JCH Bengkulu Selatan, H Darmin SE saat pelepasan JCH oleh Bupati di pendopo rumah dinas bupati Bengkulu Selatan, Rabu (10/7).

Padahal, sambung Darmin meskipun nilainya tidak seberapa. Namun uang tersebut sangat diharapkan JCH. Pasalnya tidak semua JCH punya uang lebih. Bahkan ada yang hanya punya uang pas-pasan untuk ongkos. Sebab dengan adanya bantuan uang tersebut, bisa digunakan JCH untuk membeli berbagai keperluan.“ Saya hanya menyampaikan aspirasi JCH lainnya,” ujarnya.

Darmin menambahkan, selain itu JCH juga sempat bingung mengenai kendaraan yang mengangkut mereka dari Manna Bengkulu Selatan ke Kota Bengkulu. Sebab sesuai Jadwal para JCH akan berangkat dari Bengkulu Selatan malam hari, lalu tiba ke Kota Bengkulu malam hari. Sedangkan penerimaan di asrama haji 13 Juli pagi hari. Sehingga JCH Bengkulu Selatan berangkat malam dan akan menginap di hotel DM Simpang Harapan, Kota Bengkulu. Bus yang mengangkut hanya mau mengantar dari Manna ke Asrama haji, mereka tidak mau mengantar hingga ke penginapan.



“ Setelah dilakukan komunikasi lebih lanjut bus baru mau mengantar ke hotel. Kami bukan mengeluh hanya menyampaikan keadaan yang sebenarnya, kami mengucapkan terima kasih atas kepedulian pemda BS dan pihak Kemenag yang membantu memfalisitasi kami, mohon doanya agar kami semua bisa melaksanakan semua rangkaian ibadah haji dengan baik, hingga selamat sampai ke kembali ke Bengkulu Selatan lagi,” terang Darmin.

Bupati Bengkulu Selatan , Gusnan Mulyadi SE MM mengaku terkejut adanya informasi jika JCH tidak diberi uang saku. Padahal, jika sebelumnya ada uang saku, seharusnya tahun ini JCH Bengkulu Selatan juga mendapatkan uang saku.“ Saya baru tahu hari ini (kemarin red) jika JCH tidak dapat uang dari pemda, nanti akan saya telusuri,” ujarnya.

Selain itu, dirinya juga kaget dengan adanya kebijakan dari bus yang tidak mau mengantar JCH ke hotel. Padahal sebagaimana kontrak pada umumnya bus di sewa selama 1 hari.“ Bagaimana perjanjian terkait penggunaan kendaraan nanti kita evaluasi lagi, kepada JCH selamat jalan semoga menjadi haji dan hajja yang mabrurah,” imbuh Gusnan.

Kepala Kemenag Bengkulu Selatan, H Arsan Suryani Ibharim MHi mengatakan tahun ini Bengkulu Selatanmendapat jatah JCH 153 orang. Adapun rinciannya 129 orang JCH regular dan 24 JCH tambahan. Hanya saja dari kuota tambahan tersebut ternyata 1 orang batal berangkat lantaran tidak melunasi ongkos ibadah haji. “JCH kita yang berangkat tahun ini sebanyak 152 orang, 129 orang berangkat 13 Juli dan 23 orang lagi berangkat 15 Juli mendatang,” ujarnya. (369)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*