Jatuh Dari Lantai 11, Jemaah Calon Haji Tewas

Madinah (Sinhat)–Seorang jamaah calon haji asal Lampung, M. Toli Harbi Berkat (59), diduga terjatuh dari lantai 11 penginapannya dan meninggal. Toli yang merupakan warga Desa Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit, Lampung Barat, Provinsi Lampung, dari embarkasi Jakarta (JKS 20).

Korban ditemukan pada Minggu (7/10/2012) sekitar pukul 16.00 WAS. Dia ditemukan dalam posisi tertelungkup di balkon lantai 2 Hotel Elyas Madinah.

Di hotel tersebut, Toli tidur bersama tiga jamaah satu rombongan. Sekitar pukul 03.00 WAS, dua orang satu kamar korban yang berstatus suami istri berangkat lebih dulu ke Masjid Nabawi untuk salat Subuh. Tidak lama berselang teman satu kamar korban menyusul ke masjid. Namun saat itu Toli sudah tidak berada di dalam kamar.

Oleh karena hingga siang hari, Toli belum pulang. Teman satu kamar melapor ke ketua kloter dan petugas sektor. Mereka menduga Toli tersesat. Namun ketika dicari belum juga ditemukan.

Sekitar pukul 16.00 WAS, ada jamaah di lantai lain yang membuka jendela kamar. Mereka melihat seseorang terjatuh di balkon. Setelah itu baru diketahui bila korban adalah Toli.

Korban langsung dievakuasi oleh kepolisian Arab Saudi dan dibawa ke rumah sakit untuk di autopsi.

“Kami tidak tahu persis awal mula peristiwa itu. Melihat jenazahnya saja kami tidak diizinkan,” ungkap dr Jojok Santoso, salah satu tim medis Misi Haji Indonesia.

Kepala Daker Madinah, Akhmad Jauhari menambahkan, pihaknya belum bisa memastikan penyebab kematian korban. Sampai saat ini, pihak kepolisian Arab Saudi masih menyelidiki penyebabnya.

Menurut dia, kepolisian Arab Saudi masih melakukan penyelidikan. Namun dari laporan kemungkinan besar korban terjatuh. Hanya saja kronologi korban jatuh masih diselidiki.

“Hal ini yang membuat kami pun harus berhati-hati dalam memberitakan musibah ini,” ungkap Jauhari.(**)