Jasa Raharja Siapkan PKBL Rp 900 Juta

imagesBENGKULU,BE – Jasa Raharja Cabang Bengkulu menyiapkan dana Rp 900 juta untuk program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL). Program ini merupakan bantuan dana bergulir bagi usaha kecil menengah (UKM) yang belum memenuhi persyaratan untuk mengajukan pembiayaan perbankan.

“Program ini untuk mendorong UKM bisa lebih mandiri dan lebih maju,” terang kepala PKBL Jasa Raharja Cabang Bengkulu Joko Sulistyo.

Menurut Joko pembinaan dengan dana bergulir ini sangat mudah. Bunganya pun sangat ringan hanya 6 persen setiap tahunnya. Syaratnya harus memiliki usaha minimal satu bulan, kemudian surat keterangan usaha dari kelurahan, laporan keuangan dalam satu tahun terakhir dan mengisi formulir yang telah disiapkan Jasa Raharja.

“Harapan kita dengan bunga kecil ini UKM yang berada di bawah binan Jasa Raharja akan cepat maju dan tidak keberatan dengan angsuran,” tambahnya.

Adapun besaran dana yang diberikan mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 25 juta. Sebagian besar pengajuan dana berkisar Rp 5 juta. Setiap tahunnya Jasa Raharja mampu membantu 50 sampai 60 UKM yang bergerak pada perdagangan, industri, perikanan dan perkebunan.  “Dana yang kita gunakan untuk program ini berasal dari laba perusahan yang besarannya mulai dari 1 hingga 3 persen dari laba,” jelas Joko.

Mitra binaan Jasa Raharja juga akan diberikan pelatihan dengan narasumber yang berkompeten. Ini dilakukan untuk memotivasi dan mendorong usaha yang digeluti semakin maju. “Kita juga memfasilitasi UKM binaan kita untuk ikut serta dalam suatu pameran baik yang diadakan di dalam negeri maupun luar negeri,” pungkas Joko.(251)