Jangan Terpeleset Lagi, Barca!

BARCELONA – Tumbangnya rekor tak terkalahkan Barcelona di Primera Division Spanyol dari Real Sociedad 2-3 (19/1) tak terlalu dipusingkan oleh para pemainnya.  Sebab, mereka memang masih unggul jauh atas pesaingnya di klasemen sementara.Barca masih memimpin dengan 55 poin atau unggul 8 angka atas Atletico Madrid yang menjadi pesaing terdekatnya. Meski nyaman di puncak klasemen, tapi Barca -julukan Barcelona pantang untuk terpeleset lagi ketika menjamu Osasuna dini hari nanti (siaran langsung Trans TV pukul 01.00 WIB).

“Kami ingin kembali menang setelah kekalahan di Anoeta (melawan Sociedad). Nah, pekan ini ada peluang. Osasuna yang dilatih (Jose Luis) Mendilibar selalu menyulitkan, tetapi bisa diatasi,” jelas Xavi Hernandez, playmaker Barca, seperti dikutip Sport.

Kemenangan atas Malaga 4-2 pada second leg perempat final Copa del Rey bisa menjadi pemompa motivasi. “Performa kami sedang bagus dan suasana di ruang ganti menyenangkan. Itu akan tergambar di lapangan,” ujar Xavi.

Hanya, asisten pelatih Barca Jordi Roura harus jeli merotasi pemain. Sebab, pertandingan berikutnya adalah el clasico melawan Real Madrid di first leg semifinal Copa del Rey (31/1). Setelah el clasico, Valencia menanti di Mestalla (3/2).

Menjamu Osasuna, Barca juga tidak bisa menurunkan Gerard Pique yang terkena skors. Striker andalan Lionel Messi sempat mengalami cedera di sesi latihan kemarin, tetapi dipastikan siap untuk turun melawan Osasuna.

Meski punya rekor mantap atas Osasuna, Barca patut berhati-hati agar tidak mengulang kesalahan pada Mei 2009.  Di mana, mereka kalah dari Osasuna 0-1. “Kami selalu mempersiapkan diri secara serius untuk setiap pertandingan,” kata Xavi.

Dari kubu Osasuna, Mendilibar tidak bisa memainkan Asier Riesgo, David Timor, dan Sisi yang cedera. Kemudian, bek kiri Damia juga absen karena skors. Namun, dia bisa memberikan debut kepada Francisco Silva yang baru digaet dari klub Cile Universidad Catolica. (ham/bas)