Jangan Obral Perizinan

H Badrun Hasani ( Ketua komisi I)MUKOMUKO, BE – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mukomuko,  H Badrun Hasani SH MH mengatakan, pihaknya meminta eksekutif tidak mengobral perizinan.
“Kita ingatkan eksekutif jangan dengan mudahnya mengeluarkan izin. Utamakan  dan libatkan masyarakat sekitar,” kata Bandrun, kemarin.
Dicontohkannya, salah satu perusahaan swasta akan mendirikan pabrik kelapa sawitdi dekat dengan Sungai Air Bikuk Kecamatan Pondok Suguh. Padahal, lokasi itu tidak tepat dan akan berdampak negatif kepada penduduk sekitar. Jajarannya pun sudah turun langsung  kelokasi tersebut. ”Kita tidak setuju perusahaan  itu dibangun dekat sungai,” tegasnya.
Artinya, lanjutnya, aspirasi yang disampaikan masyarakat beberapa waktu lalu benar adanya. Fakta dilapangan itu, kata Badrun, jajarannya dalam waktu dekat akan membahas persoalan tersebut lebih lanjut dan memanggil pihak–pihak terkait. Opsi yang akan ditawarkan diantaranya apakah lokasi pembangunan pabrik kelapa sawit itu dipindahkan jauh dari sungai atau perusahaan itu menyediakan sumur bor untuk masyarakat. Satu rumah disiapkan satu sumur bor. Pasalnya sungai Air Bikuk  itu dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.
“Opsi yang kita sampaikan ini  belum bersifat final. Nanti akan dibahas lebih lanjut termasuk masyarakat diwilayah tersebut,” lanjutnya. (900)