Jangan Lupakan Sejarah

Budhi//BE
Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Bengkulu, Letkol Laut (P) Yustus Nasarius Rossi bersama istri melakukan penghormatan kepada para pahlawan di TMP Balai Buntar dengan melakukan ziarah dan tabur bunga.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Bengkulu Letkol Laut (P) Yustus Nasarius Rossi, Selasa pagi (3/12) memimpin ziarah dan tabur bunga dalam rangka Hari Armada RI 2019. Up├ácara tersebut berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Balai Buntar, Jalan Adam Malik Kelurahan Padar Dewa, Kecamatan Selebar Kota Bengkulu.

Danlanal Bengkulu pada kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan ziarah dan tabur bunga memiliki arti yang sangat penting sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang telah mendarmabaktikan jiwa raganya. Selain itu, sebagai bukti generasi penerus yang akan terus melanjutkan cita cita dan mengisi kemerdekaan serta kebesaran bangsa Indonesia. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya, jangan melupakan sejarah.

“Jangan pernah kita lupakan yang namanya sejarah, apalagi mengenai jasa para pahlawan kita yang rela mengorbankan seluruh jiwa raga dan darah demi Kemerdekaan Republik Indonesia ini,” jelas Danlanal dalam membacakan amanat, kemarin (3/12).

Selain itu, Danlanal pun meminta dan berpesan kepada seluruh prajuritnya untuk terus dan selalu meningkatkan kedisipilinan, dedikasi dan loyalitas tinggi dengan senantiasa berpedoman kepada sapta marga, sumpah prajurit, delapan wajib TNI, sebelas asas kepemimpinan TNI dan Trisila TNI Angkatan Laut sebagai jati diri dalam melaksanakan tugas negara.

“Kita harus melanjutkan semua perjuangan dari para pahlawan yang telah berjuang demi Bnagsa Indonesia ini, oleh sebab itulah saya minta agar momentum di hari Armada RI ini, kita tanamakan nilai-nilai perjuangan tersebut sebagai pengabdian kita untuk rakyat, Negara dan Bangsa Indonesia,” tutupnya.

Berdasarkan pantauan BE, upacara ziarah berlangsun khidmat diawali dengan penghormatan kepada Arwah para Pahlawan, peletakan karangan bunga ditugu TMP oleh inspektur upacara, doa untuk para pahlawan dan tabur bunga di pusaran para pahlawan oleh komandan Lanal, Ketua Jalasenastri dan peserta ziarah.

Untuk diketahui, dalam upacara tabur bunga dan ziarah tersebut, diikuti ton Pama, satu ton Bintara, satu ton Tamtama, ton PNS dan ton Jalasenastri cabang 4 Koorcab II Daerah Jalasenastri Armada I Bengkulu. (529)