Jangan Konvoi dan Coret Baju

=foto: Jayadi Ruslan=

Hasil UN SMA/SMK Diumumkan

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat akan diumumkan serentak, hari ini Senin (13/5) oleh sekolah masing-masing. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan dalam merayakan kelulusan, Kepala Kantor Cabang Dinas (Cabdin) wilayah Bintuhan, Jayadi Ruslan MTPd mengimbau kepada seluruh siswa SMA dan SMK di Kaur agar tidak melakukan aksi konvoi saat pengumuman hasil UN dan diminta kepada siswa agar tidak mencorat-coret baju seragam sekolah.

“Besok (hari ini) hasil UN tingkat SMA akan diumumkan dan kita minta kepada siswa tidak usah konvoi, kebut-kebutan di jalanan, coret-coret baju,” kata Jayadi Ruslan, kemarin (12/5).

Dikatakan Jayadi, ia mengingatkan agar siswa mengisi pengumuman hasil UN besok (hari ini) dengan kegiatan yang positif. Terlebih saat ini bertepatan dengan bulan Ramadan. Sebab, aksi perayaan kelulusan yang berlebihan jelas tidak sebanding dengan nilai pendidikan. Lebih dari itu, aksi corat-coret seragam sekolah dan konvoi di jalanan juga bisa mengganggu kenyamanan masyarakat.



“Mari kita jaga bulan suci Ramadan ini. Kalau anak-anak punya baju seragam yang masih bagus, jangan dicoret-coret. Alangkah baiknya jika diberikan kepada adek kelasnya yang berasal dari keluarga kurang mampu,” terangnya.

Lanjutnya, dari hasil rapat pihaknya bersama kepala sekolah SMA/SMK se-Kabupaten Kaur beberapa hari lalu menyepakati jadwal penyampaian kelulusan dari sekolah ke orang tua siswa dilakukan secara serentak pada pukul 13.00 WIB Senin (13/5) hari ini di masing-masing sekolah.

Namun cara pengumuman di tingkat sekolah berbeda-beda, tidak dilakukan di sekolah supaya tidak terjadi penumpukan siswa di satu lokasi. “Sebelum dimumkan kepada siswa, masing-masing sekolah harus memberi tahu dulu kita. Meski tak lagi menentukan kelulusan, tetapi UN tetap jadi syarat peserta didik untuk lulus,” terangnya.

Ditambahkan Jayadi, pada pelaksanaan UN tingkat SMA/SMKdi Kabupaten Kaur. Pihaknya mencatat sebanyak 1.508 siswa yang mengikuti UN dari beberapa sekolah penyelenggara yang tersebar di 15 kecamatan Kabupaten Kaur. Namun ditanya soal persentase hasil kelulusan ia belum bisa menjawab.

Sebab sekolah yang menentukan lulus tidaknya siswa-siswinya. Ia juga mendoakan kepada seluruh siswa SMA/SMK yang sudah melaksanakan UN beberapa waktu lalu bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dan bisa lulus semua.”Kita belum bisa menjawab persentase kelulusan SMA/SMK ini, karena pengumuman UN ini langsung dari sekolah. Tapi mudah-mudahan kelulusan ini 100 persen,” harapnya. (618)