Jangan Hindari Lelang

SEKDA-KEPAHIANG-ZAMZAMI-ZUBIR-2
Iwan Zamzami Zubir

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Seluruh kepala dinas (Kadis) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang jangan sembarangan memecah paket kegiatan. Apalagi jika pemecahan kegiatan dilakukan dengan tujuan untuk menghindari lelang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kepahiang, Zamzami Zubir SE MM menegaskan, jika pemecahan paket kegiatan yang disengaja untuk menghindari lelang akan ketahuan. Sebab, lokasi kegiatan serta jenis kegiatan serupa tidak bisa dibagi-bagi. Bila lakukan pembagian dengan kegiatan sama akan menimbulkan kecurigaan.



“Sebenarnya gini, kalau memang itu harus dipecah. Dalam artian harus dipecah, bukan menghindari lelang,” ungkap Zamzami.

Ia mencontohkan, kegiatan paket yang bisa dipecah seperti kegiatan pembangunan drainase yang berada didua lokasi berbeda. Sehingga paket kegiatan harus dipecah sebab titik pekerjaan berbeda. “Misal ada paket pembangunan siring (Drainase, red) yang berada dilokasi A. Tetapi ada lagi pembangunan siring juga tetap berada dilokasi berbeda. Itu haru dipecah bukan karena menghindari lelang tetapi memang keberadaannya yang beda,” kata Zamzami.

Zamzami mengingatkan, seluruh jajaranya agar membuat paket kegiatan sesuai dengan kebutuhan. Tidak coba-coba untuk mengakali program hanya untuk dilakukan secara penunjunkan langsung semata. “Ada yang mecah mengindari lelang akan ketahuan, karena itu tidak bisa,” ujarnya.  Menurutnya, dalam OPD pasti ada paket yang dipecah tetapi tidak keseluruhan kegiatan di OPD tersebut akan dipecah-pecah. Sebab pembangunan atau program kerja wajib disesuaikan dengan kebutuhan. (320)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*