Jambret Dosen, Siswa SMA Dibekuk

a_kriminal_bengkulu_jambret_1ARGA MAKMUR, BE – Dalam tempo waktu 2 X 24 jam, Satuan Reskrim Polres Bengkulu Utara (BU) berhasil membekuk pelaku penjambretan di depan SMAN 1 Air Besi, yakni VF (19), warga Kelurahan Gunung Alam Kecamatan Arga Makmur, BU. Ia berhasil dibekuk Satuan Reskrim Polres BU pada Senin (23/2) sekitar pukul 13.00 WIB, di tempat kos-kosannya yang berada di Jalan Hibrida Kota Bengkulu.

VF terbukti telah melakukan penjambretan terhadap Melia Eka Daryati (24) warga Kelurahan Gunung Alam Kecamatan Kota Argamakmur yang berprofesi sebagai dosen Universitas Dehasen Kota Bengkulu.

Sebelumnya, aksi penjambretan pelaku ini telah mengambil secara paksa barang berharga milik korban, yakni 1 unit laptop merk Acer, 1 unit Blackberry 1 unit Hp merk Sony Erikson dan uang tunai sebesar Rp 800 ribu yang langsung dibawa kabur pelaku.

Kapolres BU, AKBP Hendri Hotuguan Siregar SIK melalui Kasat Reskrim Iptu Eka Chandra SH mengatakan, pihaknya berhasil membekuk pelaku atas kerjasama timnya yang mendapatkan informasi dari ciri-ciri pelaku berdasarkan laporan korban.

“Mendapatkan informasi laporan penjambretan, kami langsung menurunkan tim untuk melakukan pengejaran,” kata Kasat

Ditambahkannya, setelah mendapatkan ciri-ciri pelaku, polisi langsung melakukan penelusuran. Dari semua, sumber baik itu secara elektronik maupun secara penyelidikan, pelaku yang juga seorang pelajar di Sekolah Menengah Atas Swasta (SMAS) Bengkulu ini, berhasil dibekuk oleh tim Buser Polres BU sekitar pukul 13.00 WIB di tempat kos-kosannya di Kota Bengkulu.

Saat dibekuk, di tangan pelaku didapati barang-barang milik korban yang belum sempat pelaku jual.

“Saat dibekuk pelaku tidak dapat mengelak, dan di tempat kos-kosannya masih didapatkan oleh tim barang-barang milik korban,” imbuh Eka Candra.

Dijelaskan Kasat, berdasarkan pengakuan pelaku, awalnya tidak ada niat untuk melakukan aksinya tersebut. Namun saat ia berpapasan dengan korban yang sama-sama dari Kota Bengkulu menuju Arga Makmur, pelaku melihat tas yang dibawa korban terletak tepat di bawah kaki korban di atas motor. Saat itu terlintas dibenak pelaku akan melakukan aksi penjambretan.

Pelaku langsung menurunkan kecepatan kendaraannya, dan begitu korban menyalipnya, tepat di depan SMA 1 Kecamatan Air Besi, pelaku pun melancarkan aksinya dan berhasil.

Lalu hasil jambretan dibawanya kabur ke arah kota Arga Makmur dan langsung pulang kerumah orang tuanya yang berada di Kelurahan Gunung Alam Kecamatan Arga Makmur.

“Kami selaku pihak kepolisian, berpesan kepada setiap masyarakat untuk berhati-hati dalam perjalanan. Apalagi membawa benda-benda berharga, karena kejahatan tidak kenal dengan siapapun, dimanapun, dan bagaimanapun akan selalu melancarkan aksinya tanpa diduga sebelumnya,” pungkas Kasat.(927)