Jambore Pemuda Diundur

Bakti/Bengkulu Ekspres sPelaksanaan rapat persiapan jambore pemuda daerah (JPD) di aula kantor Bupati Benteng, Rabu (19/5) kemarin.

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Pelaksanaan Jambore Pemuda Daerah (JPD) tahun 2019 di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) dimundurkan dari jadwal yang telah ditentukan. Jika sebelumnya direncanakan akan dilakukan pada tanggal 30 Juni hingga 4 Juli 2019, JPD akan diundur pada minggu kedua bulan Juli 2019. Kasi Pemberdayaan Pemuda Dinas Dikpora Kabupaten Benteng, Debby Agust Jointo SPd menjelaskan, perubahan jadwal ini terjadi bukan tanpa alasan kuat.

Salah satu pertimbangannya adalah dengan memperhatikan jadwal Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) yang akan berlangsung pada tanggal 3-5 Juli 2019. Sebab, lanjut Debby, seluruh Kepala Daerah (Kada) dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan menghadiri acara APKASI yang akan dilaksanakan di Jakarta.



“JPD merupakan acara yang diikuti oleh seluruh pemuda dari berbagai Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu. Sebab itulah, kami berinisiatif agar JPD dilaksanakan setelah APKASI selesai. Sehingga, pembukaan JPD bisa dihadiri oleh seluruh Bupati/Walikota,” kata Debby.

Mematangkan pelaksanaan JPD, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Benteng selaku OPD teknis sudah menggelar rapat bersama sejumlah OPD dan elemen yang terlibat.”Sebagai tuan rumah, JPD di Kabupaten Benteng diharapkan berjalan sukses dan sesuai harapan,” kata Debby.

Selama JPD nantinya, terdapat beragam kegiatan yang diperlombakan. Mulai dari lomba hasta karya, lomba cerdas cermat (LCT), lomba masakan kuliner, lomba defile kontingen dan lomba pentas seni. Selain itu, acara juga akan diisi dengan kegiatan positif dan bermanfaat. Seperti gebyar pemuda, dialog kebangsaan, kunjungan industri kreatif, bakti sosial (Baksos) berupa bersih pantai sungai suci serta out bond. “Kami targetkan, peserta asal Kabupaten Benteng kembali meraih piala bergilir yang pernah diraih pada JBD tahun 2016 di Kabupaten Lebong,” tandas Debby.(135)