Jamaah Tinggalkan Madinah

foto info haji
1. Ist/Bengkulu Eskpress
Jamaah asal Bengkulu, bersiap meninggalkan Madinah menuju Makkah, untuk melaksanakan rangakaian ibadah haji selanjutnya.

BENGKULU,Bengkulu Ekspress – Jamaah Calon Haji (JCH) asal Bengkulu, meninggalkan Madinah dan bergerak menuju Makkah hari ini (31/7). Saat ini petugas terus mendampingi jamaah lansia untuk menuntaskan Salat Arbain. Setelah Salat Arbain tuntas, jamaah diberangkatkan ke Makkag.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakawanwil Kemenag) Provinsi Bengkulu Drs H Bustasar MS MPd melalui Kepala Bidang Perjalanan Haji dan Umrah H Ramlan Karim MHi diamini kasubag inmas Rolly Gunawan MHi menuturkan, berdasarkan laporan petugas haji di Arab Saudi, jamaah pertama Bengkulu yang ke Makkah, diawali dari Kloter 6 PDG.

Mereka diberangkatkan dan meninggalkan pemondokan di Madinah usai Salat Ashar. Sebelum keberangkatan jamaah ke Makkah dilakukan pengecekan dokumen perjalanan.

“Ketua kloter dan perangkat kloter menuju ke Muasassah (pengelola haji Arab Saudi) untuk mengecek dokumen perjalanan mereka,” jelasnya.



Berikutnya, besok (1/8), usai Salat Ashar jamaah dijemput menggunakan sedikitnya 10 unit bus yang telah disiapkan. Bus menjemput langsung jemaah ke pemondokan.

“Satu bus berkapasitas 40 -50 orang. Saaat masuk bus jamaah diperiksa, dicocokkan dirombongan nomor berapa, bus nomor berapa, dan lokasi pemondokannya dimana,” imbuhnya.

Sebelum sampai di Makkah, jamaah singgah dulu di Bir Ali untuk melaksanakan Miqat sekaligus niat berihram. Hal yang sama diungkapkan petugas kloter 7, Syafril. “Kami sekarang masih proses pengecekan paspor jamaah kloter 7 di maktab Madinah,” tukas Syafril.

Sebelum pemberangkatan ke Makkah, tim kesehatan kloter 7 PDG membesuk jemaah yang saat ini masih dirawat, yaitu Elmi Firia yg sedang di rawat di ICU RS UHUD/OHUD Hospital sektor Madinah. Kondisi pasien saat ini sudah membaik, kesadarannya pun baik dan pasien sudah dapat di ajak bicara.

Rencana tim medis melakukan CT scan, kemudian pasien dipindahkan ke ruang perawatan pada hari ini (31/7) juga.”Insya Allah dapat dipulangkan segera dan bergabung dengan jemaah lain,” harapnya. (247)