Jamaah Nafar Awal Kembali ke Hotel

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Sebagian jamaah haji asal Bengkulu, yang mengambil nafar awal telah menyelesaikan lempar jumrah, Selasa (13/8). Setelah melempar jumrah, jamaah membawa koper dari Mina menuju ke hotel penginapan masing-masing. Sementara jemaah yang melakukan Nafar Tsani baru kembali ke hotel besok, Kamis (15/8).

“Alhamdulillah, kloter 12 PDG telah tiba semua di Mekkah, sebanyak 379 jamaah melaksanakan nafar awal,” ungkap Petugas Pembimibing Ibadah Haji (PPIH) Kloter PDG 12 H Matridi kepada BE via telepon kemarin (13/8).

Nafar Awal yaitu rangkaian ibadah haji yang berarti meninggalkan Mina pada hari tasrik (hari dilarang berpuasa). Mereka keluar setelah melontar jumrah Sugra (ula) suwtha, dan Aqobah pada 12 Zulhijah sebelum terbenamnya matahari. Sementara jamaah yang mengambil Nafar Tsani kembali ke hotel setelah melontar Jumrah Ula, Wustha dan Aqobah pada 13 Zulhijah.

Masih dikatakan Matridi, tidak semua jamaah kloter 12 yang telah melaksanakan rangkaian rukun haji kembali utuh ke hotel. Pasalnya, ada seorang jamaah yang tergabung dari kloter 12 meninggal dunia. Atas nama Amaria Hasan Sadini (64). Kemudian, seorang terpaksa dirawat intensif di Klinik Kesehatan Haji, atas nama Mansur Daud Manan. Kloter 12 PDG terdiri dari 9 kabupaten dan satu kota di Provinsi Bengkulu, karena ada kloter tambahan. Mereka terdiri 61 jamaah dari Kota Bengkulu, 31 jamaah dari Bengkulu Utara, 23 jamaah dari Bengkulu Selatan, 42 jamaah dari Rejang Lebong, 27 jamaah dari Mukomuko, 28 jamaah dari Seluma, 20 jamaah dari Kaur, 20 jamaah dari Kepahiang dan 107 jamaah dari Lebong, serta 11 jemaah dari Bengkulu Tengah.

Setibanya di hotel, jamaah terlihat kelelahan sehingga mereka diimbau untuk istirahat. Usai salat Isya rencananya melaksanakan Tawaf Ifadah. “Insya Allah, habis isya akan melaksanakan Thawaf Ifadah,” tutupnya. (247)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*