Jam Kerja ASN Rejang Lebong Berkurang 2 Jam

Sekretaris Daerah Kabupaten Rejang Lebong, H RA Denni SH MM

CURUP,bengkuluekspress.com– Selama bulan suci ramadan ini Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong melakukan pengurangan jam kerja untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong. Pengurangan tersebut sebanyak 2 jam dari hari biasanya.
“Mulai hari ini karena sudah puasa, kita telah melakukan pengurangan jam kerja untuk ASN kita, dengan total pengurangan setiap harinya sampai 2 jam,” terang Sekretaris Daerah Kabupaten Rejang Lebong, H RA Denni SH MM.

Dijelaskan Sekda, pengurangan jam kerja tersebut dimulai dari jam masuk yang biasanya mulai pukul 07.30 WIB setiap paginya, maka selama Bulan Ramadan menjadi pukul 08.00 WIB. Begitu juga jam pulang kerja bila pada hari biasanya ASN di Rejang Lebong yang menerapkan lima hari kerja pulang pada pukul 16.00 WIB maka selama Bulan Ramadan menjadi pukul 15.00 WIB.
“Selain itu, kita juga memberikan waktu istrirahat selama 30 menit setiap harinya yaitu pada pukul 12.30 WIB,” tambah Sekda.

Kemudian untuk khusus Hari Jumat yang biasanya dilaksanakan kegiatan olahraga bersama, pada Bulan Ramadan ini kegiatan olahraga bersama ditiadakan terlebih dahulu dan diganti dengan menggunakan busana muslim. Sedangkan untuk ASN non muslim menurut Sekda pakaiannya menyesuaikan saja.
“Karena Hari Jumat selama ramadan ini tidak dilaksanakan olahraga maka kita wajibkan menggunakan baju muslim, namun untuk yang non muslim cukup menyesuaikan saja,” tambah Sekda.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda juga berpesan kepada ASN selama Bulan Ramadan ini untuk terus bekerja sebagai mana biasanya, jangan sampai menurut Sekda karena puasa menjadi alasan untuk malas-malasan, karena menurutnya jam kerjanya sendiri sudah dikurangi.
Disisi lain, terkait dengan kegiatan safari ramadan sendiri, menurut Sekda pada ramadan kali ini Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong akan kembali melaksanakan kegiatan safari ramadan. Dimana untuk kegiatan safari ramadan sendiri hanya dilaksanakan di lima kecamatan yang ada di wilayah Kota Curup.
Kegiatan safari ramadan sendiri, menurut Sekda akan dilaksanakan langsung oleh Bupati, Wabup dan Sekda pada satu tempat, hanya saja nanti OPD yang mendampingi yang bergantian. Hal tersebut berbeda dengan safari ramadan sebelumnya, yaitu antara Bupati, Wabup dan Sekda melaksanakan safari ramadan ditiga tempat yang berbeda dalam satu hari dan satu kecamatan.
“Karena saat ini masih pandemi, sehingga safari ramadan kita batasi diwilayah kota Curup saja dan hanya kita lakukan dilima tempat yang saat ini masih kita susun jadwalnya,” demikian Sekda.(251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*