Jam Besuk Tahanan Ditambah


Ilustrasi-penjara123
FOTO : IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bengkulu bakal menambah jam besuk tahanan selama libur lebaran. Jam besuk tahanan tersebut ditambah hingga satu jam oleh pihak Lapas. Hal tersebut dibenarkan Kasi Administrasi Lapas Kelas IIA Bengkulu, Dadang Suherlan.

“Jam besuk tahanan kita tambah 1 jam selama libur lebaran. Ini kita lakukan demi kenyamanan warga binaan dan keluarga yang membesuk,” jelas Dadang.

Jika pada hari biasa ruang besuk tahanan berada tidak jauh dari pintu masuk, saat libur lebaran nanti Lapas bakal memindahkannya ke lapangan yang ada di tengah area lapas. Selain lokasi yang mudah dipantau oleh petugas, lapangan juga mampu menampung banyak keluarga warga binaan.”Kemungkinan besar kita pindah ke lapangan,” imbuh Dadang.

Mengantisipasi keluarga warga binaan membawa barang yang dilarang masuk ke dalam lapas pengamanan ekstra ketat bakal diberlakukan pihak Lapas. Pintu masuk yang biasanya hanya satu jalur diubah menjadi dua jalur, jalur keluar dan jalur masuk. Setiap keluarga warga binaan diperiksa badannya, barang bawaan hingga hal terkecil diperiksa. Setelah dipastikan tidak membawa barang dilarang, keluarga yang membesuk tangannya dicap menggunakan cap/stempel UV.

“Tentu saja kita bakal mengantisipasi adanya keluarga warga binaan yang membawa barang dilarang masuk ke lapas. Mulai dari pengamanan sampai kita pantau saat besuk,” pungkas Dadang.(167)