Jalur Mudik Banyak Berlubang

Foto : IST

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Masyarakat yang menggunakan jalur darat untuk mudik lebaran wajib berwaspada. Pasalnya, masih banyak ditemukan jalan berlubang sepanjang jalur mudik. Baik jalur mudik wilayah tengah menuju Kota Linggau Sumsel, wilayah jalur selatan ke Provinsi Lampung maupun ke jalur barat ke wilayah Kota Padang Provinsi Sumatera Barat.

Wakil Ketua (Waka) III DPRD Provinsi Bengkulu, Elfi Hamidi menegaskan, banyaknya jalan berlubang itu harus segera diatasi oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi. Jangan sampai jalur yang banyak berlubang itu justru akan membuat celaka bagi para pemudik. “Jangan ada korban dulu baru diperbaiki,” ujar Elfi kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (27/5).

Dijaskannya, Dinas PUPR Provinsi saat ini masih bekerja lamban. Harusnya, jalan berlubang saat ini tidak lagi terjadi. Mengingat anggaran untuk perbaikan jalan juga sudah siap melalui APBD.  “APBD itu diketok palu lebih cepat dari tahun sebelumnya. Upaya itu tidak lagi, untuk mempercepat serapan anggaran. Bukan malah lambat seperti saat ini,” ungkapnya.

Untuk itu, beberapa jalan yang berlubang harus cepat dilakukan perbaikan. Baik itu dengan melakukan penampalan maupun upaya lagi. Karena jika tidak ditutup akan sangat berbahaya bagi pengendera mudik lebaran. “Minimal ditampal, kita tidak ingin masyarakat jadi korban,” tambah Elfi.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah mengatakan, berbagai jalan yang rusak tersebut terus dilakukan perbaikan. Tidak hanya jalan yang menjadi wilayah kewenangan provinsi, tapi juga yang menjadi kewenangan nasional juga sedang dilakukan perbaikan. “Sekarang kita kebut perbaikannnya, termasuk di wilayah Benteng,” ujar Rohidin.

Upaya perbaikan jalan sendiri dengan menggunakan anggaran rutin yang ada di Dinas PUPR Provinsi. Baik itu dengan melakukan pambalan jalan berlobang maupun upaya lainnya. “Perbaikannya dengan menggunakan pemeliharaan rutin,” tuturnya.

Rohidin menargetkan, jalan yang dilalui pemudik itu nantinya dapat mulus semua. Sebab, masih ada waktu sekitar 1 minggu lagi untuk menyelesaikan perbaikan jalan tersebut. Sehingga para pemudik bisa lancar dan aman dalam berkendaran. “Insyallah bisa selesai dan kita berdoa semoga pemudik dapat lacar sampai kampung halaman,” tutup Rohidin. (151)

WILAYAH JALAN RUSAK JALUR MUDIK LEBARAN
– Jalan Lais – Arga Makmur
– Jalan Pondok Kelapa
– Jalan Surabaya – Nakau
– Jalan Air Sebakul – Taba Lagan – Kembang Sri
– Jalan Cahaya Negeri Lintas Seluma
– Jalan Pasar Seluma
– Jalan Desa Padang Bakung Kabupaten Seluma
– Jalan Karang Tengah – Taba Panjung – Liku Sembilan Benteng
– Jalan Lubuk Sini – Jalan Pajak Satu Benteng
– Jalan Tabat Terat – Tanjung Heran Benteng
– Jalan Kota Tais Seluma
– Jalan Sendawar Seluma
– Jalan Muara Saung Kaur – Oku Sumsel
– Jalan Padang Guci – Padang Leban Kaur
– Jalan Kota Manna Bengkulu Selatan
– Jalan Ponduk Sugu BS
– Jalan Empat Belas Mukomuko
– Jalan Lubuk Pinang Mukomuko
– Jalan Ketahun – Lais Bengkulu Utara
– Jalan Curup – Libuk Linggau




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*