Jalur Lebong Tandai Mulai Terbuka

NAPAL PUTIH, BE- Jalur darat Napal Putih – Lebong Tandai pasca bencana longsor yang sempat terputus mulai terbuka meski belum seluruhnya.Pasalnya hinga kemarin (28/11) sampai titik lokasi Siman sudah terhubung. Sebelumnya di lokasi itu, jembatan yang rusak dan anjlok sudah mulai bisa digunakan, setelah dilakukan perbaikan oleh warga. “Memang belum seluruh jalan hingga ke Lebong Tandai bisa digunakan, namun sampai batas jembatan Siman sudah bisa dilalui,” ungkap Camat Napal Putih Muhammad Sabi’i SPd melalui Sekcam Suparso SSos.

Hingga saat ini warga terus bergotong royong merehab jembatan dengan bahan material bantuan dari pihak Pemkab Bengkulu Utara. Sementara bantuan berupa bahan makanan sudah bisa disalurkan secara bertahap, karena memang masih harus diangkut manual dengan tenaga manusia. “Meski masih darurat , saat ini jembatan Siman  selesai dan bisa dilalui pejalan kaki,” jelasnya.

Secara bertahap pihak BPBD Bengkulu Utara, terus mengupayakan bantuan material untuk merehab beberapa titik lokasi jalan rel yang rusak. Sebab akibat longsor yang beberapa waktu lalu terjadi, tidak saja alur jalan yang ada menjadi tertutup, mulai dari KM15 hingga KM 23 jalur rel Molek banyak yang rusak bantalan dan besi relnya. Diperkirakan untuk perbaikan sepanjang jalur transportasi yang putus akibat bencana itu memerlukan waktu yang cukup lama. Selain medan yang berat, kondisi musim penghujan menjadi faktor kendala.”Cuaca sangat berpengaruh sehingga perbaikan tidak bisa dilakukan maksimal,” tukas Sekcam. (919)