Jalur Lebong-Bengkulu Utara Rawan Putus

Bengkulu Ekspress
Foto: ilustrasi/net

LEBONG ATAS, Bengkulu Ekspress – Cuaca ekstrim hujan deras yang terjadi sejak beberapa hari terakhir, tidak hanya mengakibatkan sejumlah wilayah Kabupaten Lebong banjir dan tanah longsor. Namun, juga membuat jalan lintas di Desa Tik Tebing, akses Penghubung Warga Kabupaten Lebong dan Bengkulu Utara ini rawan putus.

“Separuh badan jalan sebelah kiri ambles cukup dalam, termasuk bagian jalan di sebelah kanan juga ambles dan retak. Kita kawatir jalan ini akan putus jika tidak segera diperbaiki,” ungkap Haryadi warga Bengkulu Utara saat melintasi jalan tersebut.

Selain ambles dan retak, di jalan itu juga terdapat terdapat lubang besar menganga dan di dalamnya dialiri air yang deras. Kondisi ini harus diwaspadai dan berhati-hati bagi pengguna jalan.
Pantauan dilapangan, lubang besar yang mengaga lebar dan cukup dalam di tengah jalan Desa Tik Tebing tersebut, baru diketahui akhir-akhir ini. Sebelumnya di ruas jalan yang setiap harinya ramai dilewati kendaraan, baik roda empat maupun roda dua bahkan mobil truck masih bisa memilih mana jalan yang bisa dilewati, namun saat ini tidak bisa lagi. Jalan penghubung antara Kabupaten Lebong-BU dan Provinsi tersebut dikhawatirkan jalan itu bisa putus total. Karena jalan tersebut dilewati siang dan malam. Apalagi letaknya berada di jalan menikung dan tebing.

“Bahkan beberapa jalan yang sebelumnya sepanjang perbatasan antara BU-Lebong masih ada bagian yang bisa dilewati, dengan hujan saat ini sudah tidak ada lagi,” ungkap Haryadi.(777)