Jalur Evakuasi Diinventarisir

foto:IST

MUKOMUKO,Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan inventarisir seluruh jalur evakuasi bencana alam gempa dan tsunami di daerah tersebut. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya untuk lebih memudahkan dalam proses perancangan program penanggulangan bencana alam di OPD tersebut.

Demikian diungkapkan Kepala BPBD Kabupaten Mukomuko, Syahrizal ketika dikonfirmasi Bengkulu Ekspress (BE).  Menurutnya, dari sepanjang wilayah pesisir pantai yang masuk dalam zona merah bencana belum seluruhnya ada jalur evakuasi.

Dengan dilakukannya inventarisir lebih lanjut akan diketahui secara pasti. Seperti lokasi mana sudah ada jalur evakuasi dan belum. Termasuk kondisi jalan yang nantinya akan dilewati masyarakat ketika akan menuju lokasi evakuasi.

“Ini juga untuk memastikan seberapa parah kondisi ruas jalur evakuasi yang sudah dibangun oleh pemerintah. Sebab tidak menutup kemungkinan, dari sekian banyak jalur evakuasi kondisi jalannya tidak layak untuk dilintasi dan lainnya,”katanya.



Syahrizal juga menyampaikan, jika dalam inventarisir nanti masih ditemukan ada jalur evakuasi tidak layak dilalui. Pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Supaya jalan menuju evakuasi dapat dilalui dengan aman dan lancar.  “Inventarisir hingga nantinya akan dilakukan perbaikan menuju jalur evakuasi. Kegiatan ini merupakan salah satu kesiapsiagaan kebencanaan. Harapan kita daerah ini tidak dilanda bencana gempa dan tsunami dan bencana lainnya,” ungkap Syahrizal.(900)