Jalinbar Terancam Putus

terancam putus
BUDI/Bengkulu Ekspress.  TERANCAM: Jalinbar yang terancam putus dan membahayakan pengendara.

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Jalan lintas barat (Jalinbar) di Kabupaten Mukomuko terancam putus, akibat abrasi laut di daerah tersebut. Pasalnya, aspal di jalinbar itu sekitar beberapa meter sudah hancur dan terbelah. Dikhawatirkan kerusakan semakian meluas dan membahayakan pengendara kendaraan.

“Selain aspal jalan itu mulai runtuh, air laut sudah mencapai badan jalan, terutama ketika air laut pasang,” kata seorang warga Mukomuko, Rustam kepada Bengkulu Ekspress, kemarin.
Jika tidak cepat dilakukan penanganan dan diperbaiki secara segera, maka sangat dikhawatirkan jalan itu akan putus total. Karena dipinggir jalan itu adalah laut yang terbentang luas dan sangat membahayakan bagi semua kendaraan yang melintas.

“Harus segera dilakukan penangganan untuk meminimalisir hal – hal yang tidak diinginkan terjadi,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan warga lainnya, Harianto.

Menurutnya, jalinbar itu sejak lama rawan akibat diterjang derasnya abrasi pantai. Dipinggir jalinbar itu seharusnya segera dibangun tanggul sebagai penahan gerusan air laut. Seperti puluhan meter bangunan yang telah ada saat ini. Jika tetap dibiarkan, selain kerusakan semakin parah, juga membahayakan pengendara yang melintas.

“Harus segera diperbaiki jalan itu supaya tidak membahayakan, karena jalan itu dilalui masyarakat umum dari sejumlah provinsi,” ungkapnya. (900)