Jalan Westkust Terancam Longsor

Jalan Westkus terancam putus, nampak anggota ewan melakukan pemantauan di lokasi.  foto:BAIZAR/BE
Jalan Westkus terancam putus, nampak anggota ewan melakukan pemantauan di lokasi.
foto:BAIZAR/BE

KEPAHIANG, BE – Jalan menuju Desa Weskust Kecamatan Kepahiang, saat ini dalam kondisi memprihatinkan. Dimana lokasi tersebut jika tidak segera dilakukan perbaikan, sangat rawan longsor saat musim hujan seperti sekarang ini. Terkait hal itu, kemarin anggota komisi III DPRD Kepahiang, H Syaiful Amri, melakukan peninjauan langsung ke lokasi rawan longsor tersebut dan melakukan dialog dengan warga terkait hal itu.”Ini masih longsor kecil, dan kita khawatirkan akan menjadi lebih besar dan bisa menjadi bencana,” kata Syaiful.
Berdasarkan keterangan warga, angkutan truk air mineral milik PT Sembilan Pilar yang memproduksi air mineral Mas menjadi penyebab utama. Pasalnya setiap hari truk perusahaan melintasi, dan mengambil sumber air dari mata air Weskust. Kondisi sekarang ini jalan tersebut sangat berbahaya, selain tak memiliki pembatas jalan dan marka jalan. Sehingga bagi pengguna jalan yang melintas harus hati-hati dan mengurangi kecepatan.”Perlu pengawasan dari instansi terkait agar longsor tidak semakin meluas,” jelasnya.
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT), diwajibkan untuk berkontrbusi melakukan tanggung jawab sosial (corporate sosial responsibility) terutama pada infrastruktur jalan yang sering dilintasi.”Semestinya perusahaan yang memperbaiki karena jalan itu sering mereka gunakan,” tukas Syaiful. (160)