Jalan Uram Jaya-Lebong Sakti Tertutup Longsor


LONGSOR: Tampak Terlihat tanah longgsor dan jembatan yang rusak akibat hujan

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Akibat hujan yang terus menerus menerjang Kabupaten Lebong beberapa hari ini, ruas jalan Lebong Sakti-Uram Jaya yang berada di Kawasan Lebong Utara dan Lebong Sakti yang merupakan jalan menuju puncak Rosjonsyah tertutup longsor, bahkan salah satu jembatan nyaris putus akibat diterjang aliran air dan material pohon dari hulu sungai.

Data terhimpun, setidaknya untuk kawasan Lebong Sakti ada 3 titik longsor yang mana material tanah menutup seluruh ruas jalan yang diikuti bebatuan dan kayu dengan ketinggian longsor mencapai 6 meter dan panjang sekitar 10 meter. Hampir sama dengan longsor yang masuk di kawasan Lebong Utara yang ketingian longsor mencapai 2 meter dan panjang longsor sekitar 10 meter.

Kapolres Lebong AKBP Andree Ghama Putra Sh Sik melalui Kapolsek Lebong Tengah IPTU Edi Suprianto SE, mengatakan bahwa untuk kondisi longsor saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (Dinas PUPRP).“Mereka mengatakan akan segera menyingkirkan material longsor,” jelasnya, kemarin (07/02).

Selain mengatasi material longsor, dirinya berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong, juga bisa segera memperbaiki jembatan yang juga hampir putus akibat diterjang air yang disertai bebatuan dan pohon.“Jika tidak segera diperbaiki, kita kahwatir jembatan akan benar-benar putus,” sampainya.

Hampir sama yang disampaikan Kapolsek Lebong Utara, IPTU Firmansyah, mengetahui pereistiwa longsor diwilayahnya, anggota Polsek Lebong Utara langsung meninjau ke Lapangan dan membenarkan jika ada jalan yang sudah tertutup material laongsor.“Untuk longsor di wilayah kita, anggota menyampaikan baru 1 titik,” ucapnya.

Akan tetapi, apakah diwilayah Lebong utara masih ada jalan yang tertutup longsor, dirinya belum bisa memastikan. Hal ini dikarenakan, anggota tidak bisa lagi melanjutkan perjalanan dikarenakan jalan benar-benar tertutup material longsor.“Anggota tidak bisa melanjutkan perjalanan, namun dipastikan memang ada tanah longsor,” sampainya.

Sementara itu, Wargiman salah seorang warga berharap agar pemerintah bisa segera membersihkan material longsor yang telah menutup total jalan. Hal ini dikarenakan, jalan tersebut meupakan jalan alternative masyarakat dari kawasan Kecamatan Uram Jaya menuju RSUD Lebong.“Tadi pagi (kemarin) ada warga yang mau berobat tetapi berputar arah karena tidak bisa lewat,” tuturnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPRP, Ferdinan Agustian ST belum bisa bisa dimintai komfirmasi sama halnya ketika dihubungi melalui telepon selular, nomor yang bersangkutan tidak bisa dihubungi. (614)