Jalan Tol Hanya 14 Km

foto ; Yuliswani

Air Sebakul – Taba Penanjung

BENGKULU, Benkulu Ekspress – Rencana pembangunan jalan tol Bengkulu-Lubuk Linggau Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sebagai program strategis nasional (PSN) terus ditindaklanjuti oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu.  Tahap awal, pembangunan jalan tol itu akan dimulai dari Air Sebakul Kota Bengkulu ke Taba Penanjung Kabupaten, Bengkulu Tengah (Benteng) sepanjang 14 kilometer dari total panjang jalan tol yang direncanakan 95 kilomter.  Asisten II Setdaprov Bengkulu, Hj Yuliswani SE MM mengatakan, trase pertama ini sudah selesai identifikasi lahan yang akan masuk pembebasan yang terkena dampak pembangunan jalan tol tersebut.

“Tahap pertama, Bengkulu sampai Taba Penanjung dulu,” ujar Yulis kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (7/2).

Dijelaskannya, untuk tahapan selanjutnya sampai ke Lubuk Linggau. Sebab, dalam pembangunan lanjutan itu direncanakan akan dibangun terowongan dari Taba Penanjung ke Kepahiang. Baru seterusnya sampai ke Lubuk Linggau untuk menghubungan jalan tol Sumatera.



“Nanti ada pembanguan trowongan untuk lanjutannya,” paparnya.

Pembangunan yang akan dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) bersama PT Hutama Karya sebagai pihak ketiga ditargetkan tatap tahun ini bisa dimulai pembangunanya.  “Tahun ini dikejar cepat untuk bisa mulai dibangun,” tambah Yulis.

Untuk saat ini, pemprov masih menyelesaikan analisis dalam lingkungan (amdal). Ketika amdal selesai, baru bisa masuk ke proses DED. Ketika proses itu selesai semua, maka DED bisa dikeluarkan. Setelah itu, proses selanjutnya dengan melakukan kajian bersama tim konsultan bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk melakukan pembebasan lahan milik warga yang dilalui jalan tol tersebut “Tahapannya tetap kita ikuti, agar ketika pembangunan dapat berjalan lancar,” pungkasnya. (151)