Jalan TMMD Terbengkalai

Beginilah Kondisi jembatan dari pohon kelapa yang pengubung Kecamatan Karang Tinggi dengan Kecamatan Pondok Kubang yang dibangun melalui Program TMMD tahun 2017, kemarin (19/8).

Jembatan Rusak Total

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Akses jalan penghubung antar Kecamatan Karang Tinggi dengan Kecamatan Pondok Kubang yang dibangun melalui program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) tahun 2017 seolah dibiarkan terbengkalai. Jalan sepanjang 8.850 meter tersebut saat ini tak bisa dilewati, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Pantauan BE di lokasi, jembatan sementara yang dibangun menggunakan pohon kelapa tersebut sudah rusak total dan tak bisa digunakan. Memasuki usia kurang lebih 1 tahun, pohon kelapa itu sudah lapuk. Emansyah, salah seorang pemilik kebun sawit yang melintasi jalan TMMD ini mengungkapkan, kerusakan jembatan terjadi akibat tidak adanya kepedulian dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Benteng.

“Alhamdulillah, TNI AD telah berkontribusi dan menyumbangkan tenaga membangun jalan penghubung antar kecamatan di Kabupaten Benteng. Mestinya, jalan yang teleh selesai dibangun ini langsung ditindaklanjuti oleh Pemda Benteng,” ungkap Emansyah



 

Menurut dia, peningkatan status jalan harus menjadi skala prioritas. Dari yang saat ini hanya sebatas pembukaan badan jalan menjadi pengerasan atau bahkan aspal lapisan penetrasi (Lapen). Tak hanya itu, sarana dan prasarana pendukung juga harusnya segera dilengkapi seperti tiang listrik dan fasilitas umum lainnya.

“Jika dibiarkan terlalu lama, tak hanya jembatan yang terputus. Badan jalan yang sudah dibuka juga akan mengalami kerusakan parah,” bebernya.

Lantaran akses jalan tak bisa dimanfaatkan, warga dan pemilik kebun terpaksa menggunakan jalan alternatif. “Sebelum ada jalan TMMD, memang ada jalan lain yang sudah dibangun. Meskipun membutuhkan waktu yang lebih lama, jalan tersebut terpaksa digunakan kembali,” demikian Emansyah.(135)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*