Jalan Tais-PS Tak Kunjung Dikerjakan

Kadis PUPR Seluma, M Syaifullah
–fto syaifullah–

TAIS KABUPATEN SELUMA, Bengkulu Ekspress – Hingga memasuki pertengahan Juli tahun ini. Pekerjaan rehabilitasi Jalan Tais-Pasar Seluma (PS) tak kunjung dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Seluma. Dampaknya lubang jalan diakses menuju Pasar Seluma semakin banyak dan dalam hingga mem buat banyak terjadi kecelakaan lalu lintas. Termasuk terbaliknya truk pengangkut kelapa sawit.

“Anggaran sudah ada kenapa belum di kerjakan jangan sampai pekerjaan ini lambat dikerjakan dan warga yang mengalami kerugian,” kritik Tokoh Masyarakat Kelurahan Padang Merbau, Yahudin (61).

Semakin rusaknya akses jalan dari Tais menuju Pasar Seluma terlihat dari simpang lampu merah Kota Tais dan berlanjut hingga ke Padang Merbau.  “Lihat saja sendiri jalan di tengah kota seperti kubangan kerbau,” keluhnyaTerpisah, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Seluma M Saipullah ST, berkilah jika pekerjaan tidak di kerjakan. Menurutnya, saat ini paket pekerjaan sudah selesai dilelang dan sudah ada pemenangnya, hanya saja saat ini masih proses kontrak kerja. “Pengumuman perusahaan pemenang lelang sudah kita lakukan. Saat ini tinggal proses kontrak kerja,” jelas Saipullah.

Sebagai pemenang lelang rehabilitasi jalan Tais-Pasar Seluma CV Jaya Mahkota. Dengan penawaran Rp 2,009 miliar dari pagu dana Rp 2,1 niliar. Titik nol pekerjaan tersebut juga sesegera mungkin ditetapkan, Diusahakan sebelum pertengahan bulan ini fisik sudah dikerjakan. Dengan proses kerja nantinya dibangun secara spot, lokasi yang parah. Hotmik dan Bes A, mengingat anggaran yang sangat minim. “Anggaran minim pada pekerjaan ini sehingga titik yang berlubang dan rusak saja di perbaiki,” bebernya.

Dijelaskan Kadis PUPR Seluma, usulan Dinas PUPR sebelumnya untuk pembangunan jalan penghubung Tais-Pasar Seluma Rp 10 Miliar, namun direalisasikan hanya Rp 2,1 miliar. “Kalau untuk pembangunan sampai selesai dana yang dibutuhkan sekitar Rp 5 Miliar. Itulah kita ajukan Rp 10 miliar, namun disetujui hanya Rp 2,1 miliar,” terang Saipullah.

Ditambahkan Saipullah, kepada masyarakat Kecamatan Seluma Selatan atau yang tinggal di jalan tersebut untuk bersabar. Untuk sementara jalan tersebut hanya bersifat tambal sulam, karena keterbatasan anggaran tersebut. Sementara itu untuk pembangunan Posbakum yang dibangun di Pengadilan Negeri Tais dan Islamik Center di Masjid Palihin Kabupaten Seluma, saat ini sudah ditahap pelelangan dalam waktu dekat ini sudah ada pemenangnya dan kontrak.

“Islamik center Rp 800 juta, Posbakum sekitar Rp 400 juta. Untuk islamik center Di masjid palihin yang dia bangun secara dua tahap, ini baru tahap pertama pembangunan paudnya. Kalau disetujui tahun depan kita usulkan lagi, “sampai Saipullah.(333)