Jalan SA Mirip Rusak Parah

SEMIDANG ALAS, BE – Jalan penghubung utama Kecamatan Semidang Alas (SA), mulai dari Desa Sendawar – Tebat Gunung – Muara Maras kini rusak parah.

Kondisi badan jalan sekitar panjang 18 km sebagiannya sudah seperti kolam ikan karena terdapat lobang-lobang dalam dan besar dan digenangi air. Kondisi tersebut dikeluhkan warga 20 desa yang menggunakan jalan tersebut.

Lokasi jalan yang rusak parah terdapat mulai dari Desa Nanti Agung Kecamatan SA sampai ke Desa Talang Alai Kecamatan Semidang Alas Maras.

Jalan tersebut merupakan jalur alternatif jalur lintas antar Provinsi Bengkulu dengan Lampung. Diketahui, tanggung jawab pembangunan dan pemeliharaan jalan merupakan wewenang Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Kondisi kerusakan tersebut sudah belangsung sejak bertahun-tahun lamanya. Diperkirakan kerusakan terjadi seiring dengan meningkatnya produksi kepala sawit masyarakat setempat sejak beberapa tahun lalu.

Terkait masalah tersebut, salah seorang tokoh masyarakat SA, Yurdi (40) yang juga mantan Kepala Desa Tebat Gunung menuturkan, warga setempat mengharapkan perhatian pemerintah untuk melakukan rehabilitasi jalan tersebut.

Menurutnya, usulan warga untuk perbaikan jalan sudah sering kali diberikan kepada pemerintah. Baik melalui pengajuan proposal maupun penyampaian langsung ketika tiap kali anggota DPRD Provinsi Bengkulu melakukan reses ke SA maupun ke SAM.

”Jalan di sini sudah rusak parah nian. Sudah seperti kolam ikan. Kalau misalnya, tidak dilewati kendaraan, kolam-kolam di tengah jalan ini bisa digunakan untuk memelihara ikan,” tuturnya. (444)