Jalan Rusak, PU Dapat Rp 12 Miliar

selumaTAIS, BE-Dinas Pekerjaan Umum (PU) Seluma memastikan dalam tahun anggaran 2013 mendapat kucuran Rp 12 miliar dari dana alokasi khusus (DAK) untuk pembiayaan perbaikan badan jalan. Dikatakan Kepala Bidang Bina Marga, Samidi ST MM, rehabilitasi jalan tersebut sepanjang 25 kilometer, termasuk di dalamnya melakukan pembukaan badan jalan baru sepanjang 6 kilometer.

Menurut Samidi, program rehabilitasi jalan tersebut tersebar ke sejumlah titik pada badan jalan yang berstatus jalan kabupaten. Sedangkan pembukaan jalan baru akan dikerjakan di Desa Air Kemuning Kecamatan Sukaraja. ”DAK berpendamping sebesar sekitar Rp 8,5 miliar dan DAK tidak berpendamping Rp 4 miliar. Jadi sumber dana DAK yang membiayainya perbaikan jalan tahun ini sekitar Rp 12 miliar,” sebutnya.

Menurut Samidi, jumlah dana tersebut belum termasuk angaran pembangunan dan rehabilitasi jalan yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU). Sehingga dipastikan, dana pembangunan jalan tahun anggaran 2013 ini lebih dari Rp 12 miliar tersebut. Namun, sejauh ini belum dapat dipastikan total anggarannya, karena masih harus menunggu pengesahan APBD melalui rapar paripurna dewan.

Dijelaskan, Dinas PU berkomitmen melakukan pembangunan infrastuktur berjalan dengan cepat, lancer dan berkualitas. Agar itu terwujud, katanya, dibutuhkan dukungan dan peran serta masyarakat dan pihak terkait lainnya. ”Peran penting itu misalnya, jika yang kita bangun berkapasitas 8 ton, maka masyarakat pengguna jalan tidak melebihi tonase, supaya jalan tidak cepat rusak,” katanya. (333)