Jalan Rusak, Komisi II DPRD Kota Bengkulu Panggil Dinas PU

Kondisi jalan salak yang rusak parahbengkuluekspress.com – Menindaklanjuti hasil aspirasi masyarakat pada Reses yang dilakukan beberapa minggu lalu. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Kota Bengkulu melalui komisi II melakukan inspeksi mendadak (Sidak) guna melihat secara langsung kondisi Jalan di Kecamatan Singgaran Pati,  Selasa (18/5).

Benar saja, dari kegiatan ini ditemukan masih banyaknya daerah yang jalannya rusak, diantaranya Jalan Merapi 9 kelurahan Panorama, Gang M Arif 2 Jalan Salak kelurahan Dusun Besar dan TPU Timur Indah. Seharusnya tahun ini jalan tersebut menjadi skala prioritas perbaikan PU.

Terlihat di lokasi, perbaikan jalan tersebut tidak secara keseluruhan dilakukan tetapi hanya beberapa meter dari depan. Hal ini menimbulkan kekeliruan terhadap perbaikan jalan yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum (PU). Dimana jalan yang masih terlihat baik dan aman justru dilakukan perbaikan pengaspalan. Sedangkan kondisi jalan yang mengalami kerusakan parah hingga tampak tidak layak malah tetap dibiarkan saja.

Ketua Komisi II DPRD Kota Bengkulu, Suimi Fales mengatakan, komisi II telah melakukan diskusi yang panjang terhadap dinas PU, dan mengingatkan bahwa pembangunan jalan harus dilakukan berdasarkan skala prioritas.

“Jangan Jalan yang sudah lama dengan kerusakan parah seperti ini tetap tidak pernah diperbaiki”,Ungkapnya.

Pihaknya menduga bahwa dinas PU hanya mengikuti keinginan kontraktor dan tidak mengikuti kebutuhan dari masyarakat itu sendiri karena penanganan jalan yang rusak tersebut membutuhkan material yang banyak sehingga tidak didahulukan. Dengan hasil yang seperti ini baginya menjadi suatu pertanyaan. Apakah dinas PU tidak turun kelapangan untuk memantau langsung kondisi yang seharusnya di prioritaskan.

Kondisi jalan seperti ini juga sudah mencelakai pengendara.

“Sudah banyak pengendara yang terjatuh dan mengalami luka, terlebih lagi jika hujan maka pengendara harus turun dari motor untuk melewati jalan tanjakan,” kata Salah satu Warga Rt 12 Jalan Salak Kelurahan Dusun Besar.

Sebelum mengakhiri Diskusi ini, Fales kembali menegaskan, besok pihaknya akan kita tindak lanjuti dengan memanggil PU untuk mempertanyakan terkait  perbaikan jalan ini.

Sementara itu, berdasarkan konfirmasi dari Dinas PU melalui PPTK Peningkatan Jalan, Emer Loefti menuturkan, dalam perbaikan jalan ini memiliki jatah anggaran untuk 20 KM dan dibagi rata untuk 160 ruas jalan.

“Dalam pelaksanaannya tidak mudah karena ada beberapa yang harus dilakukan pengurangan dan penambahan namun harus tetap terbagi rata. Untuk paket 2 dari 130 ruas jalan sudah selesai, dan paket 3 baru 30 ruas sehingga masih 80 ruas lagi,”  bebernya. (Andri)