Jalan Rawa Indah-Pasar Seluma Rp 64 Miliar

ILIR TALO, Bengkulu Ekspress – Masyarakat Desa Rawa Indah, Kecamatan Ilir Talo saat ini mengharapkan ada kelanjutan pengaspalan jalan di desa mereka. Khususnya untuk link jalan Provinsi Bengkulu, jalur pesisir pantai dari Desa Rawa Indah ke Desa Pasar Seluma Kecamatan Seluma Selatan. Karena masih ada ruas jalan yang belum diaspal. Pembangunan jalan ini sudah dibangun sejak 2015 hingga 2019 ini, dengan anggaran mencapai 64 miliar. Masyarakat sendiri segera menyampaikan usulannya ke Pemprov Bengkulu terkait aspirasi ini.

Hal ini disampaikan Nur Ali, Anggota DPRD Seluma dari Dapil III, yang juga selaku warga Desa Rawa Indah. Menurutnya, masyarakat meminta agar dilaksanakan lanjutan hotmix jalan dari Simpang Pirman-Simpang Rawa Indah sampai Pasar Seluma. Dengan panjang sekitar 7 Km. Kemudian juga mengharapkan agar dilakukan peninggian badan jalan. Terutama dari Jembatan Panjang Pasar Seluma menuju ke Desa Rawa Indah. Karena seringkali tidak bisa dilalui saat hujan turun dan badan jalan menjadi tergenang. Dengan ketinggian air kadang sampai 120 cm.



“Kami mohon untuk bisa ditinggikan sekitar 140 Cm, serta panjang jalan yang harus ditinggikan sekitar 600 meter,” ujar Nur Ali kepada BE kemarin (19/8).

Jalan dari Desa Rawa Indah ke Desa Pasar Seluma tersebut ,sudah mulai dibangun sejak 2015, karena memang ruas jalannya sudah ada. Hanya saja sebelum tahun 2015, belum dibangun oleh Pemprov Bengkulu. Pada 2015 di anggarkan Rp 10,3 miliar. Digunakan untuk menimbun kubangan di tengah badan jalan. Dari Desa Pasar Seluma sampai simpang Balai Desa Rawa Indah. Kemudian, 2016, kembali dianggarkan oleh Pemprov Bengkulu sebesar Rp7,9 miliar dan digunakan untuk pengaspalan kelas Burda. Dari simpang Balai Desa Rawa Indah ke arah Desa Pasar Seluma sepanjang 5 Km.

“Mulai 2015 sampai 2019 ini selalu dianggarkan oleh Pemprov untuk perbaikan jalan dari Desa Rawa Indah ke Psar Seluma. Bahkan tahun 2017 kembali dianggarkan sebesar Rp 13,5 miliar dan 2018 sebesar Rp 12,4 miliar,” tegasnya.

Sedangkan, untuk 2019 kembali dianggarkan sebesar Rp 5,1 miliar. Digunakan untuk melanjutkan Hotmix dari Desa Penago Baru sampai simpang Simpang Rawa Indah. Serta dianggarkan Rp 15 milir khusus untuk peningkatan jalan dari Desa Durian Bubur sampai ke Desa Pasar Talo. “Jadi total anggaran yang sudah digelontorkan sebesar Rp 64 miliar sejak tahun 2015,” tegasnya.

Nur Ali mengatakan masyarakat di Desa Rawa Indah kembali akan mengusulkan peningkatan sehingga akses masyarakat dari Rawa Indah dan sekitarnya benar-benar layak dan lancar. Selain mengusulkan dua hal tersebut. Nur Ali mengatakan, masyarakat Desa Rawa Indah juga mengharapkan agar dilakukan pembangunan pengaman Sungai Matan, karena sebelumnya terkena abrasi sepanjang 80 meter. (333)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*