Jalan Provinsi, Tertutup Longsor


Foto : Kabid Darurat dan Logistik BPBD Bengkulu tengah, Aan Supriyanto

Lubuk Durian-Batu Beriang Lumpuh

PEMATANG TIGA, Bengkulu Ekspress – Akses jalan provinsi ruas Lubuk Durian, Kabupaten Bengkulu Utara (BU) menuju Desa Batu Beriang, Kecamatan Pematang Tiga, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) tertutup longsor. Longsor sudah terjadi sejak tanggal 19 April 2019 hingga Senin (21/4) kemarin. Dampaknya, jalan lintas antar kabupaten tersebut tak bisa dilewati sejak 3 hari lalu. Kabid Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkulu tengah, Aan Supriyanto mengatakan, pihaknya sudah terjun langsung ke lokasi bencana dengan menerjunkan semua personel yang tergabung dalam tim reaksi cepat (TRC).

“Sampai hari ini (kemarin,red), akses jalan masih lumpuh,” kata Aan.

Secara keseluruhan, kata Aan, tak hanya 1 titik longsor yang mengganggu lalu lintas jalan, melainkan ada sebanyak 6 titik. Dari semua titik longsor, terdapat 1 titik yang paling parah dan membuat semua jenis kendaraan tak bisa melintas. Keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki tim BPBD Kabupaten Benteng tak mampu membereskan seluruh reruntuhan longsor. Bahkan, sambung Aan, pihaknya juga sudah meminta bantuan alat berat milik PT RAA. Hanya saja, alat berat yang berukuran kecil juga tak mampu menyingkirkan material longsor. Berupa tanah, batu ataupun pepohonan besar.



“Saat ini, kami sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu agar kiranya bisa menerjunkan alat berat berukuran besar. Sehingga, lalu lintas bisa kembali lancar,” jelas Aan.

Pantaua di lokasi, kata, Aan menyampaikan, ruas jalan tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berbagai kepentingan. Dimulai dari ke kawasan perkebunan ataupun pasar tradisional. “Beruntung, di lokasi tersebut tak terdapat SD maupun SMP. Sehingga, tak mengganggu jalannya proses ujian tingkat SMP dan SD yang dimulai pada hari Senin (21/4),” pungkas Aan.(135)