Jalan Provinsi Kembali Rusak

ERICK/Bengkulu EkspressJALAN : Kondisi jalan di depan terminal Muara Aman Kecamatan Amen dan Desa Sukabumi Kecamatan Lebong Sakti Kabupaten Lebong yang saat ini kembali rusak dan tak kunjung diperbaiki.

LEBONG, Bengkulu Ekspress– Tak kunjung mulus, masyarakat Lebong meminta agar jalan provinsi yang berada di depan terminal Muara Aman Kecamatan Amen dan Desa Sukabumi Kecamatan Lebong Sakti Kabupaten Lebong, segera diperbaiki. Karena pada saat musim panas saat ini debu sangat mengganggu pernapasan.

Diketahui jalan yang berada di depan Terminal Muara Aman sendiri sebelumnya telah sempat diperbaiki oleh Pemerintah kabupaten (Pemkab) Lebong melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (Dinas PUPRP) Kabupaten Lebong, dengan cara ditambal menjelang hari raya Idul fitri 1440 hijriah yang lalu. Namun saat ini jalan kembali rusak dan lobang-lobang d itengah jalan kembali bermunculan.

Bahkan kerusakan sendiri bukan hanya di kawasan depan terminal, namun mencapai lebih kurang 300 meter dari kawasan terminal Muara Aman hingga didepan kantor cabang bang rakyat Indonesia (BRI) Lebong. Juga kawasan Desa Sukabumi juga mengalami kerusakan, bahkan terdapat lobang yang dapat mengakibatkan kecelakaan lalulintas bagi pengguna jalan yang jarang melintas. Kerusakan jalan sendiri mulai dari 19 centimeter hingga 1 meter dengan kedalaman 10 centimeter hingga 20 centimeter.

Menurut salah seorang pengguna jalan, rudiawan (30), selama ini jalan yang berada di depan Terminal Muara Aman hanya diperbaiki dengan cara ditambal menggunakan semen maupun aspal yang kualitasnya baru diperbaiki 1 bulan, sudah rusak kembali. “Lebaran kemarin diperbaiki, namun sekarang telah rusak lagi ,” jelasnya, kemarin (14/07).

Akibat jalan berlobang di kawasan tersebut, telah banyak masyarakat yang terjatuh. Untuk itulah dirinya selaku pengguna jalan yang setiap hari melintasi jalan tersebut sangat berharap agar jalan bisa segera diperbaiki, sehingga dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.“Kami sangat berharap jalan bisa segera diperbaiki,” harapnya.

Menyikapi hal tersebut, sebelumnya Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PUPRP Kabupaten Lebong, Dodi Irawan ST mengatakan, bahwa jalan tersebut saat ini statusnya milik pemerintah Provinsi Bengkulu dan bukan milik Pemkab Lebong. “Untuk kerusakan sendiri telah kita usulkan ke Dinas PU Provinsi,” ujarnya

Dimana pada tahun 2019 ini, Pemerintah Provinsi Bengkulu telah mengganggarkan dana lebih dari 10 miliaruntuk melakukan perbaikan jalan segmen Tes hingga Muara Aman, sehingga jalan yang berada di depan Terminal Muara Aman, dipastikan masuk kedalam pelaksanaan perbaikan jalan dari Provini tahun 2019 ini. “Jadi kita tinggal menunggu Pemerintah Provinsi akan melaksankan perbaikan,” sampai Dodi Irawan.(614)