Jalan Penanding Rusak Parah

 

Bakti/BE – RUSAK : Kondisi jalan kabupaten dari Desa Karang Tinggi menuju Desa Penanding rusak berat akibat lalu lintas truk pengangkut material galian C, kemarin (25/9).

Disebabkan Truk Galian C

KARANG TINGGI, Bengkulu Ekspress – Akses jalan kabupaten di Desa Penanding, Kecamatan Karang Tinggi, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) semakin rusak parah. Hal ini sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu dan tak kunjung ada perbaikan.

Diketahui, ruas jalan yang menghubungkan antara Desa Penanding menuju Desa Karang Tinggi tersebut sudah pernah diaspal lapisan penetrasi (lapen). Hanya saja, akibat banyaknya kendaraan over tonase yang melintas, jalan mulus tak berlangsung lama.

“Dulu pernah diaspal. Sayang, jalan tak bertahan lama. Tempo beberapa bulan, jalan kembali rusak,” kata warga Desa Penanding, Waliyati (62), kemarin (25/9).

Diungkapkan Waliyati, kerusakan jalan terjadi akibat lalu lintas kendaraan pengangkut hasil galian C yang berasal dari Desa Penanding. Informasi diperoleh, banyak galian C di kawasan tersebut tidak dilengkapi dengan izin resmi alias ilegal. Dimulai dari penambahan pasir dan batu bara karungan. “Selama masih banyak kendaraan over tonase, perbaikan jalan seolah sia-sia,” jelasnya.



Lebih lanjut, ditambahkannya, pengangkutan hasil pebambangan galian C dapat dilakukan melalui dua jalur atau jalan keluar. Bisa dari simpang pasar di Desa Karang Tinggi dan bisa juga dari Desa Dusun Baru. Akan tetapi, jalan di simpang Desa Dusun Baru II. Terkhusus di Desa Dusun Baru II, katanya, jalan sudah diportal sehingga tak semua jenis kendaraan bisa lewat.

Hanya kendaraan roda empat berukuran kecil seperti mobil pick up yang ingin membawa hasil galian C tetap diperbolehkan melintas. “Harus ada kesepakatan bersama warga jika ingin memasang portal jalan. Hal inilah yang belum dilakukan di Desa Karang Tinggi. Hal inilah yamg membuat truk bermuatan bebas melintas sesuka hati,” bebernya.

Selain ada komitmen bersama antar masyarakat dan pengusaha galian C yang bersedia menjaga infrastrktur jalan, Waliyati juga mengharapkan agar Pemda Benteng melalui OPD teknis bisa mengambil kebijakan. Sehingga, jalan yang dibangun bisa terjaga dan masyarakat umum bisa nyaman berkendara. “Harapan kami ada peningkatan status jalan. Dari yang sebelumnya lapen menjadi hotmik,” pintanya. (135)