Jalan Pasar Pedati – Sekayun Mulus

Bupati Benteng, Dr. H. Ferry Ramli, SH, MH, bersama rombongan meninjau langsung jembatan permanen di Desa Kembang Ayun, Kecamatan Pondok Kelapa, kemarin (23/1).
Bupati Benteng, Dr. H. Ferry Ramli, SH, MH, bersama rombongan meninjau langsung jembatan permanen di Desa Kembang Ayun, Kecamatan Pondok Kelapa, kemarin (23/1).

 

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Akses jalan Kabupaten link Desa Pasar Pedati menuju Sekayun, Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) saat ini tampak mulus dan mudah dilalui. Di bawah komando kepemimpinan Bupati Benteng, Dr. H. Ferry Ramli, SH, MH, puluhan miliar rupiah telah digelontorkan untuk menangani akses jalan tersebut. Baik untuk pembangunan jembatan ataupun pembangunan jalan (lihat grafis,red).

“Sejak tahun 1980, akses jalan dari Desa Pasar Pedati menuju Desa Sakayun sangat memprihatinkan. Untuk menyeberangi sungai saja, masyarakat harus menggunakan sampan atau rakit. Selain itu, akses jalan yang ada pun sangat rusak dan sulit dilalui. Sedangkan pada saat ini kondisi jalan bisa dilihat sendiri, ruas jalan sudah tampak mulus dan 2 (dua) jembatan permanen juga telah dibangun,” kata Bupati usai meresmikan jembatan permanen di Desa Kembang Ayun, Kecamatan Pondok Kelapa, kemarin (23/1).

Lebih lanjut disampaikan Bupati, pihaknya tak bisa mengabulkan seluruh harapan masyarakat, terutama tentang infrastruktur serta sarana dan prasarana yang merupakan kewenangan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Benteng.

“Karena keterbatasan anggaran, pembangunan tidak bisa kita lakukan secara serentak dan menyeluruh, melainkan secara bertahap sesuai dengan skala prioritas. Kami harap, masyarakat bisa lebih bersabar,” imbuh Bupati.

Pria yang menyandang gelar Baginda Maharaja Sakti ini menuturkan, pembangunan yang telah dilakukan diharapkan bisa menjadi tanggung jawab semua pihak, tak hanya dibebankan kepada melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Benteng.

“Infrastruktur yang telah dibangun harus dijaga dengan baik. Sebab, masih banyak infrastruktur di desa lain yang belum bisa kita jangkau. Pemda Kabupaten Benteng akan maksimal memperjuangkan agar seluruh akses jalan di Kabupaten Benteng akan menjadi mulus dan mudah dilalui,” kata Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Kabupaten Benteng, Drs. H. Rachmat Rianto, S.T, melalui Kabid Binamarga, Febrian Fatahillah, ST, MT. menjelaskan, ruas jalan kabupaten dari Desa Pasar Pedati menuju Desa Sekayun memiliki panjang 21,5 kilometer (km).

Disepanjang jalur itu, pihaknya telah melakukan peningkatan status jalan dari aspal Lapisan Penetrasi (Lapen) menjadi hotmix sepanjang 19,24 miliar.

“Sepanjang jalur Desa Pasar Pedati menuju Desa Sekayun saat ini masih tersisa sekitar 2,26 kilometer jalan yang belum dihotmix. Pada tahun ini, semua akan kita tuntaskan,” tegas Rachmat. (135)

 

Infrastruktur Pasar Pedati-Sekayun                                        

 

No. Infrastruktur Tahun Anggaran Panjang                Dana
1. Jembatan di Desa Sidodadi 2015-2016 60 meter Rp. 11 Miliar
2. Jembatan di Desa Kembang Ayun 2016-2017 60 meter Rp. 11 Miliar
3. Hotmik Jalan Pasar Pedati-Kembang Ayun 2016-2017 13,3 KM Rp. 16,3 Miliar
4. Hotmik jalan Kembang Ayun-Sekayun 2016-2017 6,4 KM Rp. 10,3 Miliar