Jalan Negara Amblas

IST/Bengkulu Ekspress AMBLAS: Jalan negara di Kelurahan Tempel Rejo Kecamatan Curup Selatan, amblasnya.

CURUP, Bengkulu Ekspress– Kondisi jalan negara di Kabupaten Rejang Lebong khususnya di Kelurahan Tempel Rejo Kecamatan Curup Selatan kian parah. Bila selama ini kerusakan yang terjadi yaitu berlubangnya sejumlah titik jalan khususnya di dekat perbatasan dengan Kabupaten Kepahiang. Saat ini diketahui muncul masalah baru di jalan negara yang ada di kawasan Tempel, yaitu amblasnya jalan negara di kawasan tersebut.”Amblasnya jalan ini sudah terjadi sejak hari Sabtu (4/5) kemarin,” sampai Jon (45) salah satu warga setempat.



Jalan yang amblas tersebut berada di bahu jalan tepat di bawah gapura tertib lalu lintas yang ada di Kelurahan Tempel Rejo. Jalan yang amblas tersebut juga tak jauh dari masjid yang terendam akibat banjir yang melanda kawasan Tempel Rejo seminggu yang lalu.

Terkait dengan penyebab amblasnya jalan tersebut, Jon dan warga lainnya menduga karena efek dari banjir beberapa waktu lalu, dimana di dekat lokasi juga terdapat saluran irigasi, sehinga diduga air yang mengalir deras saat ini menggerus tanah yang ada dibawah aspal sehingga amblas pada Sabtu kemarin. Jalan yang amblas tersebut berdiameter sekitar 2 meter dengan kedalaman hingga 1,5 meter.

Atas kejadian tersebut, Jon dan warga lainnya berharap agar segera dilakukan perbaikan oleh pemerintah, karena menurutnya bila dibiarkan dikhawatirkan kerusakan akan semakin meluas bahkan bisa memutus jalur utama yang menghubungkan Kabupaten Rejnag Lebong dan Kepahiang tersebut.

“Kami berharap bisa segera diperbaiki, karena kalau tidak diperbaiki kami khawatir kerusakannya akan semakin parah,” tambahnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas karena amblasnya jalan tersebut, warga sudah memberikan rambu-rambu yaitu memagari daerah yang amblas dengan kayu, ban dan lainnya, sehingga pengendara tidak melintas dijalan yang amblas tersebut.(251)