Jalan Lintas Tengah Bengkulu Utara Dipenuhi Sampah


APRIZAL/BE
Beginilah keadaan jalan di Kabupaten Bengkulu Utara (BU) yang dipenuhi sampah.

AIR NAPAL, bengkuluekspress.com – Tumpukan sampah di jalan lintas tengah Kabupaten Bengkulu Utara (BU) yang berada diperbatasan antara Desa Air Napal Kecamatan Air Napal dan Desa Sawang Lebar Ilir Kecamatan Tanjung Agung Palik (TAP) hingga saat ini belum mendapatkan penanganan pihak terkait. Padahal jalur ini merupakan jalan akses utama menuju Kabupaten BU.
Dari pantauan BE, tumpukan sampah limbah rumah tangga itu kondisinya terus bertambah. Selain tidak enak dipandang mata, kebeadaanya juga mengakibatkan polusi udara karena mengeluarkan bau tak sedap.

Ketua Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Air Napal, Fauzul Khabir berharap, Pemkab BU melalui dinas terkait memberikan solusi konkrit agar prilaku buang sampah sembarangan tidak terulang lagi. Selain itu, juga harus adanya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di wilayah Kecamatan Air Napal dan Kecamatan TAP.
“Jika hanya dibersihkan saja, itu tidak menjadi solusi, sebab warga tetap akan buang sampah di sana. Seharusnya ada TPA Baik agar warga maupun dari pemgendara yang melintas disana tidak membuang sampah sembarangan,” kata Fauzul.

Selain itu, dirinya juga meminta untuk pemerintah daerah turun dan melakukan koordinasi dengan pemerintah kecamatan setempat, agar solusi ini dapat teratasi. Bila memang perlu lahan atau lainnya dapat dimusyawarahakan.
“Yang jelas, jika tidak ada solusi prilaku buang sampah sembarangan pasti akan terus terulang lagi,” tandasnya.(127)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*