Jalan-jalan ke Bengkulu, Jangan Lupa Menyusuri Pantai Panjang Naik Delman

FOTO DIAN /BE – Agus Irawan, seorang kusir delman di kawasan Pantai Panjang Kota Bengkulu.

BENGKULU, bengkukuluekspress.com – Bagi anda yang berkunjung ataupun berwisata ke Kota Bengkulu, rugi rasanya jika anda tidak mencoba menyusuri Pantai Panjang dengan menaiki delman.

Delman merupakan alat transportasi yang beroda dua yang tidak menggunakan mesin, melainkan menggunakan kuda sebagai penariknya.

Tarif yang dikenai Rp. 30 ribu dengan satu kali putaran dengan jarak tempuh sekitar 200 meter, atau dari depan papan trademark Pantai Panjang sampai ke depan Bencoolen Mall. Selama menumpang delman, kita bisa menikmati perjalanan menyusuri Pantai Panjang dan memandang Pulau Tikus yang samar-samar di Samudera Hindia.

Agus Irawan (25), seorang kusir delman, yang sudah sekitar 3 tahun mangkal di Pantai Panjang mengatakan, mereka juga menawarkan kepada wisatawan yang mau mencoba menjadi kusir dadakan. Tentunya dalam pengawasannya. “Selain bisa menumpang delman menyusuri Pantai Panjang, wisatawan juga bisa mencoba menjadi kusir,” ujar Agus kepada bengkuluekspress.com, Selasa (28/01).

Di sisi lain, jumlah delman yang ada di Kota Bengkulu yang sering mangkal di Pantai Panjang saat ini sebanyak 23 unit. Jika hari weekend ada sekitar 10 delman yang nambang, namun jika hari-hari biasa hanya sekitar 5 delman saja yang nambang, bahkan bisa hanya ada satu delman yang mangkal jika hari-hari biasa.

“Berbeda dengan hari-hari libur nasional biasanya 23 delman itu bisa nambang semua. Kusir delman ini biasa nambang mulai pukul 09.00 sampai 18.00 WIB,” kata Agus.(MG3).