Jalan Dibangun, Warga Syukuran

Potong Dua Ekor Kambing

IMG_1593PUT,BE– Warga Desa Trans Taktoy, Kecamatan Padang Ulak Tanding, bersyukur dengan di Hotmixnya jalan  sepanjang 4 Kilometer akhir tahun lalu. Warga mengungkapkan rasa syukurnya, karena  sepuluh tahun lebih jalan tersebut rusak parah. Sehingga, menyulitkan warga untuk membawakan hasil pertanian dan perkebunan, seperti  karet, kopi dan sawit.
Padahal jalan tersebut banyak tebingan dan tanjakan, dan jurang. Bahkan, selama ini anak-anak sekolah harus berjalan kaki, karena sulitnya jalan dilalui kendaraan.
Jais Saputra, siswa  salah satu SMP di Kecamatan PUT mengatkan, sebelum dibangunnya jalan tersebut, saat akan bersekolah  berjalan kaki ke simpang jalan lintas, berangkat Pukul 05.00 WIB. Hal ini agar tak telat ke sekolah,  karena sulitnya  angkutan. “Dengan dibangunnya jalan ini, kami lebih mudah berangkat kesekolah,” katanya.
Hal sama diungkapkan, Yadi (50) yang berprofesi sebagai petani dan peterak kambing. Dia merasakan manfaat dibangun nya jalan ke desa mereka.  “Karena saya bisa membawa pakan kambing dengan kendaraan. Tadinya  saya bawakan pakan kambing dengan berjalan kaki dikarenakan tidak bisa menggunakan kendaraan bermotor,” jelasnya.
Proyek  peningkatan jalan hotmix tersebut dikejakan oleh PT Praja Mandiri, dengan sumber dana  APBD Rejang Lebong 2013 senilai 5.264,679.00 dan paket pengerjaan tersebut terbagi menjadi tiga paket, diantaranya pembangunan jalan hotmix Desa Kepala Curup, Kampung Delapan. Sepanjang 3,2 Kilometer dan jalan pembangunan Desa Belitar Muka, sepanjang 1,11 Kilometer. Pembangunan jalan Hotmix Desa Tran Taktoy sepanjang 4 Kilometer  dan pekerjan tersebut dimulai 24 Agustus 2013 dan selesai pada september 2013.
Pengawas lapangan dari PT PRaja Mandiri  Henry, mengatakan bahwa pihaknya sebagai kontraktor pelaksana mengucapkan terimakasih kepada warga desa yang telah mendukung pembangunan jalan Hotmix tersebut.
“Kami juga bersukur atas selasainya jalan tersebut di karenakan kendala yang kami hadapi adalah tanjakan dan tebingan, sehingga alat kami untuk masuk ke lokasi sangat berat,” ujar Henry.
Sementara itu Kadus 1 Tran Taktoy Sudar, mengatakan sangat berterimahkasih kepada pemerintah daerah atas dibangunnya jalan menuju ke desanya. Sehingga memudahkan masyarakat
mengangkut hasil pertanian dan perkebunan.
“Warga Tran Taktoy  mempunyai nazar potong kambing dan syukuran Tepung Dusun atas dibangunnya jalan menuju ke desa kami. Syukurannya sudah dilaksankan dan ditandainya dengan  pemotongan dua ekor kambing,” kata Sudar.
Kepala Desa Tran Taktoy Zainul juga tak henti hentinya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah  atas di bangunnya desa tersebut(cw1)