Jalan Arga Mulya Kaur Tertimbun Longsor

LONGSOR: Kondisi jalan di Desa Arga Mulya Kecamatan Maje Kabupaten Kaur yang tertimbun longsor, Sabtu (22/8) malam.

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Kaur sejak sore hingga malam Sabtu (21/8), menyebabkan ruas jalan di Desa Arga Mulya Kecamatan Maje Kabupaten Kaur terimbun tanah longsor. Akibatnya material longsor itu sempat menutupi jalan hingga beberapa jam sebelum dibersihkan anggota Polsek Maje, Koramil dan warga setempat.

“Untuk jalan yang tertutup longsor itu panjangnya sekitar dua meter dan Alhamdulillah malam itu sudah bisa dilalui oleh kendaraan baik roda dua maupun roda empat,” kata Kapolres Kaur Polda Bengkulu AKBP Dwi Agung Setyono, S.IK, MH melalui Kapolsek Maje, Ipda Cahya P Tuhuteru S Tr K, Minggu (22/8).

Dikatakan Kapolsek longsor itu terjadi sekitar pukul 22.00 WIB ketika hujan deras mengguyur wilayah Kaur. Awalnya longsor yang menutupi jalan hanya sebagian jalan dan kendaraan masih bisa melintas. Namun karena hujan terus turun sehingga jalan tersebut tertutup total hingga dua jam. Lalu tanah longsor yang menutupi badan jalan sudah dibersihkan warga setempat dibantu aparat kepolisian, Koramil berupaya membersihkan meterial longsor dengan menggunakan seadanya.

“Dengan musim hujan seperti ini kita himbau kepada warga khususnya pengendara agar tetap waspada saat melintasi wilayah perbukitan karena memang rawan longsor,” imbau Kapolsek.

Sementara itu, Kepala Badan Bencana Daerah (BPBD) Kaur Ujang Syafiri MPd, mengimbau warga tidak berpergian di malam hari, mengingat wilayah Kaur seperti Desa Tanjung Harapan, Arga Mulya minim penerangan dan banyak terdapat titik rawan longsor. Hal itu lantaran secara topografi kondisi tanah di daerahnya memang terbilang labil dan berbukit. Karena itu pihaknya sering mengimbau pada warganya untuk waspada karena intensi hujan masih tinggi.

“Wilayah kita ini memang rawan longsor, dan hampir setiap hujan deras ada longsor kecil, seperti kemarin malam tanah longsor dan Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” tandasnya. (618)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*