Jaksa Diminta Tingkatkan Integritas

IRUL/Bengkulu Ekspress UPACARA: Kajari Kaur Douglas Pamino Nainggolan saat menjadi pembina upacara peringatan hari PJI di halaman Kejari Kaur, dan dilanjutkan foto bersama bersama Jaksa, Senin (17/6).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Jajaran Kejaksaan Negeri (Kejari) Kaur, menggelar upacara peringatan hari Persatuan Jaksa Indonesia (PJI), yang ke-26 tahun di halaman kantor Kejari Kaur, Senin (17/6). Upacara yang dipimpin langsung Kepala Kejari (Kajari) Kaur Douglas Pamino Nainggolan SH MH diikuti sejumlah Kasi, Jaksa fungsional, staf dan pegawai di lingkungan Kejari Kaur.

Dalam sambutannya, Kajari Kaur Douglas Pamino menyampaikan, dalam menjalankan fungsi sebagai jaksa, ia meminta kepada seluruh jajarannya untuk menjadikan organisasi tersebut sebagai wadah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih maksimal.

“Melalui upacara PJI ke-26 ini tentu diharapkan dapat dijadikan sarana untuk memberikan makna dalam peran aktifnya untuk memperkuat eksistensi lembaga kejaksaan. Juga para jaksa saya harapkan bisa bekerja maksimal dan menjaga integritasnya,” kata Kajari saat ditemui wartawan usai mengelar upacara PJI ke-26 kemarin (17/6).

Dikatakan Kajari, melalui tema“ Kokohkan Soliditas Untuk Pelayanan Terbaik Bagi Negeri”. Dimana tema ini mendorong semangat dan kesadaran memersembahkan karya terbaik terutama dalam mewujudkan supremasi hukum, guna mendukung kemajuan bangsa. Dimana PJI merupakan wadah berkumpulnya seluruh Jaksa, dan pada hakikatnya menunjukkan hubungan untuk memupuk, memerkuat, serta menumbuhkan jiwa korsa yang sangat diperlukan bagi terciptanya semangat bersama membangun soliditas, menjaga integritas, dan kesadaran menebar kebaikan.

“Oleh sebab itu PJI akan selalu dibutuhkan kehadirannya sebagai penyangga jati diri setiap Insan Adhyaksa, bahwa seorang penegak hukum di tengah masyarakat dituntut harus mampu memberi contoh yang baik,” katanya.

Ditambahkan pria asal medan ini, organisasi yang diketuainya tersebut, dapat dijadikan suatu payung kepada anggotanya apabila dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagai jaksa menemukan suatu kendala ataupun hambatan. Juga dalam melaksanakan tugas-tugas ini, dia berharap para Jaksa melaksanakan dengan penuh dengan kehati-hatian.

Karena dalam melaksanakan tugas ini, ada yang memerlukan perhatian penuh, seperti pada penahanan, barang bukti dan kemananan Jaksa itu sendiri serta pengamanan tersangka bersama personel polisi yang boleh dibilang cukup minimal.

“Mudah-mudahan dengan keseriusan, rasa tanggung jawab dan kebersamaan, kiranya ini dapat kita lakukan dengan sebaik-baiknya. Juga minta para Jaksa untuk tetap menjaga sikap dan tingkah laku terkait tugasnya ditengah-tengah masyarakat,” pesannya.(618)