Jaga Perairan Tetap Kondusif

TENGGELAM: Kondisi kapal KM Maritim 06 milik kelompok nelayan tenggelam akibat dihempas ombak tinggi saat bersandar di pelabuhan Linau,MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Kabupaten Mukomuko, Eddy Aprianto dikonfirmasi Bengkulu Ekspress (BE) mengimbau dan mengajak, agar masyarakat khususnya nelayan yang berada di sepanjang pesisir maupun yang beraktifitas di perairan laut untuk tetap berperan aktif secara bersama menjaga tetap aman dan kondusif. “Mari bersama tetap menjaga aktifitas di perairan tetap aman dan kondusif,”ajaknya.

Terkait pengawasan, kata Eddy,pihaknya masih melakukan secara berkesinambungan.Seperti memberikan sosialisasi dan imbauan kepada nelayan. Salah satunya menginggatkan agar nelayan tidak lagi menggunakan alat tangkap jenis trawl.Tetapi gunakan alat tangkap ramah lingkungan.

Pasalnya bagi pengguna alat tangkap yang melanggar aturan bisa terancam pidana sesuai ketentuan peraturan yang berlaku.Ratusan nelayan di daerah ini telah mendapatkan bantuan alat tangkap ramah lingkungan dari pemerintah pusat.Peralatan itu untuk menganti alat tangkap trawl.

“Meskipun belum secara keseluruhan, pemerintah telah berupaya agar nelayan tidak lagi menggunakan alat tangkap trawl.Tetapi gunakan alat tangkap ramah lingkungan dan diharapkan nelayan tetap menjaga kekondusifan di perairan,” sampai Kadis DKP.(900)