Jadikan Aktivitas Mandi Menyenangkan

194706_anak-mandi_663_382KETIKA usia buah hati bertambah, tantangan memandikannya berbeda lagi. Terkadang mereka ogah-ogahan, bahkan menolak untuk mandi. Diperlukan waktu lama untuk membujuknya.

Bagaimana supaya si kecil tidak rewel dan langsung mau ketika disuruh mandi? “Jadikan mandi sebagai aktivitas yang menyenangkan. Jangan diancam atau ditakut-takuti. Sebab, itu bisa menimbulkan trauma bagi anak,” ujar dr Ariani.

Supaya mandi jadi aktivitas yang menyenangkan, bunda bisa meletakkan mainan di bak mandi agar si kecil tertarik. Menceritakan kisah favoritnya sambil memandikan juga bisa dicoba. Bisa juga, ajak anak membuat gelembung sabun di sekitar bak mandi. “Tapi, tetap jangan melepaskan perhatian sedikit pun dari anak,” tuturnya.

Berkembangnya kemampuan si kecil seiring pertumbuhan usia juga harus diwaspadai orang tua. Dokter yang kerap memberikan pelatihan pertolongan pertama bagi anak tersebut memaparkan, dirinya kerap menemui kasus balita terpeleset atau masuk ke bak berisi air saat terlepas dari pengawasan orang tuanya walau sebentar.

Untuk mengantisipasi risiko tersebut, para bunda ataupun pengasuh anak perlu memiliki bekal pertolongan pertama pada kecelakaan yang mungkin dialami si kecil. (nor/c10/ayi)