Jadi Ibu Negara, Iriana: Saya Akan Tetap jadi Iriana

060211_420956_iriana_dlJAKARTA – Ada ungkapan yang mengatakan di dalam keberhasilan seorang pria selalu ada perempuan yang setia mendukungnya. Mungkin ungkapan itu sangat pas buat Istri Joko Widodo, Iriana Joko Widodo. Pasalnya ibu tiga anak itu selalu setia mendampingi Jokowi.

Jawa Pos berkesempatan mewancarai Iriana kemarin (19/10). Iriana terlihat cantik dengan mengenakan baju kebaya warna hijau dipadu dengan kain jarit hijau bermotif khas kota Solo. Tak banyak perhiasan yang dia kenakan. Hanya cincin dan gelang. Hal itu membuat Iriana tampak terlihat sebagai perempuan sederhana.

Dalam percakapan singkat selama 15 menit, Iriana mengatakan tidak menyangka akan menjadi ibu negara. Karena hal itu tidak ada dalam mimpinya. “Ya alhamdulilah. Saya tidak bisa berkata-kata,” ucapnya saat ditanya.

Namun, dia tidak ingin terlihat sombong. Penyuka warna cerah itu menyatakan meskipun menyandang sebagai first lady, dia akan tetap menjadi perempuan sederhana. “Saya ya Iriana. Akan tetap jadi Iriana,” paparnya.

Salah satu buktinya adalah terkait pengamanan. Seorang ibu negara biasanya pengamanannya super ketat. Namun, Iriana tidak sepakat dengan itu. “Tidak ada pengawalan ketat. Biasa aja,” ujarnya.

Pun dengan pakaian yang dikenakan. Dia mengaku tidak jor-joran membeli busana baru dengan harga selangit. Wanita asli Solo itu menyatakan dia akan menggunakan pakaian yang sudah ada.

Tak hanya Iriana, anak-anak dan Jokowi pun mengaku mempunyai hobi yang sama yakni tidak suka berbelanja. “Menyesuaikan acaranya saja. Masak acara resmi saya pakai celana jins. Lhak diguyu pithik engko (nanti diketawain ayam),” katanya lantas tersenyum.

Iriana juga mempunyai kebiasaan berbelanja di pasar layaknya ibu-ibu pada umumnya. Salah satunya pergi ke pasar burung. Pasalnya keluarga Jokowi merupakan penggemar burung. “Ya kalau ada waktu saya akan ke pasar burung. Tentunya ketika pulang ke Solo,” ucap Iriana.

Menjadi seorang presiden, tentu mempunyai beban berat. Iriana berpesan pada Jokowi agar selalu memegang amanah yang dipercayakan pada rakyat. Selain itu, terus berdoa pada Tuhan Yang Maha Esa.

Kompensasi lain sebagai seorang presiden yaitu berkurangnya waktu untuk keluarga. Iriana mengatakan dia sudah biasa. Sebab, itu merupakan tanggung-jawan sebagai seorang pemimpin.

Namun dia punya cara khusus agar rumah tangganya selalu harmonis. “Kebiasaan saya selalu sms bapak. Satu hari bisa berkali-kali. Sehingga komunikasi tidak terputus,” jelasnya.

Ditanya terkait persiapan khusus pelantikan, Iriana mengaku tidak ada hal istimewa yang disiapkan.” Dia mengaku akan mengenakan kebaya. Sedangkan anak-anak akan mengenakan baju batik. “Pak Jokowi akan mengenakan Jas,” ujarnya. (aph)