Jadi Atensi, Bumdes Diaudit

TAIS, bengkuluekspress.com – Tahun 2021 ini, Inspektorat Kabupaten Seluma akan melakukan audit terhadap pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Inspektur Daerah, Deddy Ramdhani SE MA mengatakan bahwa, audit BUMDes ini dilakukan merupakan tindaklanjut dari hasil audit reguler 16 desa yang dilakukan tahun 2020 lalu.

“Untuk penyaluran dana desa ke BUMDes itu masih menjadi catatan khusus. Juga termasuk pengolahan BUMDes,” tegasnya.

Menurutnya, pada tahun 2021 ini, tim auditor inspektorat akan fokus pada beberapa desa yang sebelumnya terdapat indikasi pada pengelolaan BUMDes. Sehingga, BUMDes yang sebelumnya banyak temuan berkaitan dengan pengelolaan anggaran BUMDes. Ada yang tidak jelas sistem keuangannya.

“Untuk BUMDes ini nanti, tidak masuk dalam audit reguler. Namun, audit dengan tujuan tertentu,” jelasnya.

Sementara itu, menurutnya untuk jumlah desa dan desa mana saja yang akan dilakukan audit reguler dan audit dengan tujuan tertentu, pihaknya masih menunggu Daftar Penggunaan Anggaran (DPA) yang belum diterima dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Yang jelas kita akan lakukan audit. Anggarannya ada, tapi DPA nya belum kami terima,” tandasnya.

Sebelumnya, Deddy menyampaikan bahwa, dilakukan audit terhadap 16 desa. Berdasarkan hasil audit, terdapat temuan di 14 desa. Namun, pada akhir tutup buku tahun lalu, ke 14 desa ini telah selesai menindaklanjuti temuan tersebut. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*